Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Petani Belitang OKU Timur Uji Coba Tanam Bawang Merah, Hasil Panen 8 - 10 Ton per Hektar

Petani Belitang OKU Timur Uji Coba Tanam Bawang Merah, Hasil Panen 8 - 10 Ton per Hektarbaturajaradio.com - Beberapa petani padi di Dusun Banyumas Desa Sidomulyo BK 9 Kecamatan Belitang memanen hasil tanam bawang merah yang ditanam pada bulan April lalu.

Zainuri (51) Penyuluh lapangan di desa tersebut mengatakan, bahwa di desanya baru kali ini panen bawang merah dan itu juga merupakan hasil tanam pertama kali.


"Secara umum hasil panen bawang merah di uji coba pertama ini sudah baik sekitar 60%, itupun karena ada gangguan serangan penyakit moler disebabkan bibit kurang tua dan curah hujan tinggi beserta panas yang tinggi," jelas dia.

Namun saat ini, lanjut dia, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan seringnya dilakukan penyiraman dengan air biasa pada bawang merah itu

"Air hujan kandunganya itu tidak bagus untuk bawang jadi harus kita akali dengan menyiram kembali menggunakan air biasa bila bawang itu terkena hujan untuk kedepanya," jelasnya.


Sementara itu Bupati OKU Timur H Lanosin Hamzah ST pada agenda kunjangan kerjanya di Desa tersebut menyampaikan apresiasi kepada para petani yang sudah berani mencoba untuk menanam bawang.


"Karena kalau tidak dimulai kita tidak akan tau hasilnya. Panen ini cukup berhasil, dari lahan 1 hektare bisa menghasilkan 8 - 10 ton, bisa dikatakan lahan ini cocok untuk ditanam bawang merah," jelas Bupati.


Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Ir Tubagus Sunarseno mengatakan, ditahap percobaan tanam pertama kali ini hasil panen sudah cukup bagus, menanam bawang ini tidak bisa main - main karena biasa produksinya cukup mahal.


"Untuk itu juga kita harapkan dukungan - dukungan dari KUR yang bunganya tidak terlalu besar, silahkan juga BI itu juga bisa membantu," tutupnya.


(https://palembang.tribunnews.com/2021/06/03/petani-belitang-oku-timur-uji-coba-tanam-bawang-merah-hasil-panen-8-10-ton-per-hektar)






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.