Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Manfaat Puasa Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Puasa Untuk Kecantikan Kulit

baturajaradio.com - Puasa memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Contohnya, puasa baik untuk mengontrol kadar gula darah sehingga bermanfaat ketika dilakukan oleh penderita diabetes.

Selain itu, beberapa studi mengatakan bahwa puasa bisa menurunkan resistensi insulin sehingga sensitivitas tubuh terhadap hormon tersebut jadi meningkat.

Tak hanya baik untuk organ dalam tubuh saja, nyatanya puasa juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa manfaat puasa untuk kulit Anda.


1. Menyehatkan dan Mengurangi Tanda Penuaan di Kulit

Melansir dari The Goan, berpuasa secara rutin dapat meningkatkan produksi antioksidan yang dapat mencegah penuaan dan kerutan di kulit. Tidak hanya itu aja, antioksidan yang muncul selama berpuasa juga bisa mencegah jerawat dan komedo timbul.

Selain itu, puasa juga bisa mengembalikan keseimbangan mikrobioma yang pada akhirnya dapat membuat kulit jadi lebih bersih.

2. Meremajakan Kulit

Puasa meningkatkan produksi human growth hormone (HGH) atau hormon pertumbuhan manusia di dalam tubuh Anda.

Hormon tersebut membantu meremajakan kulit dengan meningkatkan elastisitasnya sehingga kulit terlihat lebih muda dan segar.  Berpuasa juga dapat membantu meregenerasi sel di dalam tubuh sehingga membuat kulit Anda lebih bercahaya.

3. Detoksifikasi Kulit

Puasa juga berfungsi untuk detoksifikasi kulit wajah. Karena asupan kalori yang berkurang saat puasa dapat membantu menyeimbangkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kadar antioksidan. Jadi, berpuasa membantu kulit menjadi lebih sehat.

Dilansir dari beberapa sumber, detoksifikasi ini juga bisa membantu meredakan kondisi kulit, seperti psoriasis, eksim, atau jerawat.

4. Mengurangi Peradangan

Puasa dapat membantu mengurangi peradangan dengan cara meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. Nantinya, antioksidan akan bekerja menangkal radikal bebas yang sering menyebabkan peradangan di kulit.

5. Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Puasa diyakini dapat membantu penyembuhan luka kulit lebih cepat dan memperbaiki sel tubuh atau kulit yang rusak.

Diduga, manfaat penyembuhan didapat karena puasa bisa meregenerasi sel dalam tubuh, termasuk di kulit. Ketika sel-sel rusak diganti dengan yang baru atau sehat, proses penyembuhan luka pun berjalan lebih cepat.

Puasa memang baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, puasa tak bisa dilakukan hanya dengan menahan lapar atau tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam waktu tertentu saja.

Selama berpuasa, Anda harus mengimbangi asupan dengan melakukan pola hidup sehat. Misalnya, Anda perlu mengonsumsi banyak sayuran, buah, serta cairan saat sahur dan berbuka. Selain itu, pastikan Anda olahraga teratur dan tidur cukup selama berpuasa.

Anda pun dianjurkan rutin membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari, terutama setelah beraktivitas di luar. Jangan lupa gunakan pelembap serta sunscreen setiap hari dan dilanjutkan dengan penggunaan skincare sesuai tipe kulit Anda.

Sumber Artikel:: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3649379/manfaat-puasa-untuk-kecantikan-kulit


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.