Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

INI 4 CARA MEMULAI BISNIS ONLINE DARI NOL BAGI PEMULA

 


Ini 4 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol bagi Pemula | TopKarir.com

Baturaja Radio.com - Saat ini kita masih merasakan kondisi pandemi yang tidak tahu kapan berakhirnya. Memberikan dampak yang cukup besar bagi kehidupan kita salah satunya adalah pada bidang finansial. Inilah yang umumnya memicu para masyarakat untuk beralih ke bisnis online. Lantas bagaimana cara memulai bisnis online dari nol?

 

Selain itu, mengapa banyak orang ingin beralih ke bisnis online? Karena, dengan melakukan bisnis berbasis online akan memudahkan kita dalam segi waktu dan ruang. Tidak hanya itu, biaya operasional dan pemasaran yang lebih murah akan memberikan keuntungan yang lebih untuk bisnis kita. 

 

Nah, agar sukses, ini cara memulai bisnis online dari nol yang bisa kamu coba. 

1.Cari dan Temukan Masalah Pasar

Berbisnis pasti kita memerlukan adanya produk. Produk seperti apa? Produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar, jika tidak maka bisnis yang kita jalani pasti akan gagal. Kita harus memahami apa yang konsumen butuhkan, agar produk kita tidak terhenti di tengah jalan. 

 

Untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan para konsumen, kita perlu melakukan observasi secara langsung atau dapat melalui internet, media sosial, marketplace, hingga forum review. Jangan hanya terpaku pada asumsi sendiri, sehingga permasalahan di luar diabaikan, hal tersebut akan membuat bisnis kita gagal.

 

Setelah tau masalah kebutuhan konsumen, perlu juga kita melakukan riset pasar untuk mendapatkan data-data sebagai fondasi bisnis kita. Selain itu, perlu juga kita mengecek tren pasar di media sosial untuk mengetahui lebih jauh masalah kebutuhan yang dihadapi konsumen. 

2. Perhatikan Pesaing

Cara memulai bisnis online dari nol lainnya adalah dengan memperhatikan pesaing. Pesaing merupakan hal yang dapat memperlambat keberhasilan bisnis online yang kita jalani. Untuk dapat memenangkan bisnis kita dari para pesaing hal yang harus dilakukan adalah dengan mengelompokkan para pesaing dengan penawaran produk yang sama. 

 

Perhatikan produk yang mereka tawarkan, untuk mengetahui perbedaan dan keunggulan produk mereka. Selain itu, perhatikan strategi pemasaran yang mereka lakukan, seperti menggunakan website, blog, hingga media sosial. Hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah harga yang ditetapkan oleh pesaing, ketika harga yang ditawarkan lebih murah dan memiliki kualitas baik, maka sulit untuk memenangkan produk kita dari pesaing. Agar bisnis online kita tetap berjalan dengan baik, sangat perlu dalam memperhatikan pesaing. 

3. Tentukan Target Pasar

Disini kita harus dapat menentukan target pasar untuk dapat membeli produk yang kita tawarkan. Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama untuk memungkinkan membeli produk yang kita tawarkan. Tentukan target pasar demografi (umur, gender, lokasi, pendapatan, pekerjaan) dan psikografi (ketertarikan, hobi, dan nilai-nilai yang dianut). Kedua hal tersebut perlu dipertimbangkan sebagai target pasar bisnis online yang akan kita lakukan. 

4. Gunakan Strategi yang Tepat dalam Pemasaran Produk 

Hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah strategi pemasaran yang tepat. Bisnis online perlu strategi pemasaran yang tepat agar dapat memasarkan produk kepada konsumen dengan pesan yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial. 

 

Media sosial adalah sebagai kanal marketing, yang di mana salah satu cara terbaik dalam mempromosikan produk yang akan kita jual kepada konsumen. Perlu strategi untuk melakukan promosi produk di media sosial, agar pesan dan kesan tercapai kepada konsumen yang melihatnya. 

 

Bagaimana? Sudah baca keempat tips di atas? Jika sudah, yuk beranikan diri untuk merealisasikan ide bisnis kita dengan melalui bisnis online. 


https://nucareer.id/article/detail/ini-4-cara-memulai-bisnis-online-dari-nol-bagi-pemula


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.