Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Dugaan Butiran Emas di Pantai Maluku Bikin Wabup Cek Asli atau Palsu

Warga mencari butiran emas di Pantai Pohon Batu, Maluku Tengah.

baturajaradio.com - Warga Negeri Tamilouw, Maluku Tengah, Maluku, ramai-ramai ke Pantai Pohon Batu untuk mencari butiran yang diduga emas. Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury sampai turun tangan untuk mengecek peristiwa tersebut.

Masyarakat benar-benar dihebohkan oleh kabar tersebut, termasuk ibu rumah tangga bernama Syarifa Arey. Dia menjadi satu di antara banyak orang yang sengaja pergi ke panti dengan alat seadanya.

Syarifa datang ke pantai pada Selasa (23/3/2021) sejak pukul 08.00 WIT. Dia membawa kedua kakaknya ke Pantai Pohon Bambu usai mendapat informasi ada butiran emas di pantai.

"Pukul 08.00 WIT dengar kabar sendiri sama kakak dua orang (yang pertama kali menemukan emas) ia," kata Syarifa Arey di pesisir Pantai Pohon Batu.

Dengan alat seadanya, Syafira mencoba keberuntungan. Niat awal hanya mencoba-coba tapi menemukan butiran emas bercampur pasir di wadah miliknya.

"Awalnya sekadar mencoba-coba (mencari) ternyata ada (emas) sampai ramai mendulang, pakai kuali, karpet, dan sekop," ujarnya.

Selain Syafira, Latif Selanno mengatakan temuan emas bukan hal baru wilayah itu. Dia mengaku pada 2019 mendapat sekitar 100 gram emas. Bukan hanya di pesisir pantai, ada juga di sejumlah kali di Tamilouw.

"Tidak (bukan hal yang baru), saya sendiri pernah 100 gram pada 2019. Itu sendiri, belum yang (orang) lain-lain, karena baru di-posting (jadi heboh) sebenarnya sudah lama dan tidak heboh. Yang penting rajin dapat 1 gram atau 2 gram per hari. Semua kali ada itu, di pantai ada, di kali ada di Desa Tamilouw," kata Latif Selanno saat dihubungi.

Pemkab akan mengecek soal keaslian emas tersebut.

Wakil Bupati Akan Cek Keaslian Emas

Wakil Bupati Maluku Tengah Marlatu Leleury pun mengimbau warga tak menggunakan cairan yang dapat merusak lingkungan. Dinas Lingkungan Hidup sudah diminta Marlatu mengecek lokasi.

"Jadi itu kayak butir-butiran pasir itu emas atau tidak. Tadi sudah perintahkan sekda juga dinas lingkungan hidup turun di sana dan sudah koordinasi dengan babinsa dan kepala desa dan camat sehingga di informasikan supaya jangan ada gunakan logam air raksa, seperti sianida dan lain lain," Kata Marlatu Leleury saat dihubungi, Selasa (23/3/2021) siang.

Marlatu juga telah memerintahkan Satpol PP Maluku Tengah melakukan pengamanan di Pantai Pohon Batu. Selain Satpol PP, pengamanan dibantu pihak kepolisian.

"Siang ini juga Satuan Polisi Pamong Praja diperintah juga pengamanan di sana, karena pertambangan bukan ada wilayah kami kan sudah diambil provinsi kami sekadar pengamanan saja, kami amankan lingkungan saja dan pengamanan secara fisik oleh polisi dan Satpol PP berkoordinasi dengan babinsa dan kepala desa di sana," tuturnya.

Marlatu belum memastikan apakah butiran yang berkilau yang ditemukan warga emas atau bukan. Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengecekan. "Diperkirakan begitu (emas) kan mesti dibuktikan dulu, belum tahu masih dicek lagi," kata Marlatu.

Sumber Artikel:: https://news.detik.com/berita/d-5505029/dugaan-butiran-emas-di-pantai-maluku-bikin-wabup-cek-asli-atau-palsu/2

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.