Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

5 Tips Berkebun di Kost, Manfaatkan Setiap Pojok Ruangan

5 Tips Berkebun di Kost, Manfaatkan Setiap Pojok Ruangan

baturajaradio.com - Jangan sampai keinginan untuk punya tanaman atau kebun kecil sendiri terhalang hanya karena kamu tinggal di kost. Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memanfaatkan setiap pojok ruangan menjadi tempat tumbuhnya tanaman. Selain itu, menanam sayuran, buah, atau bahkan tanaman hias tak membutuhkan banyak tempat. Yang kamu butuhkan adalah tanah, pot yang cukup, air yang cukup, dan pencahayaan sinar matahari.

5 Tips Berkebun di Kost, Manfaatkan Setiap Pojok Ruangan Kost

Nah, berikut ini RoomMe sudah merangkum 5 tips berkebun di kost. Usahakan untuk gunakan setiap tempat, dan posisikan tanaman agar mendapat pencahayaan yang pas, ya. Apalagi tips berkebun lainnya? Simak ulasan berikut ini, yuk!

1. Gunakan pot gantung

Tips berkebun pertama ialah menggunakan pot gantung sebagai media tanaman. Keuntungan menggunakan pot gantung ialah hemat tempat, dan tanaman bisa dapat cahaya matahari yang pas. Tapi ingat, pertimbangkan setiap jenis tanaman yang akan ditanam di pot gantung. Pasalnya, setiap jenis tanaman punya kebutuhan dan cara perawatan yang berbeda. Cari tahu dulu jenis-jenis tanamannya supaya bisa tumbuh dengan indah.

2. Pakai sistem vertical gardening

Ketika halaman kost tidak bisa dimanfaatkan untuk berkebun, cona pakai sistem vertical gardening aja, yuk! Kamu bisa gunakan rak sepatu bekas, sampai botol bekas sebagai media tanam. Atau kamu juga bisa bikin sendiri papan berundak untuk menyimpan pot tanaman.Saat menggunakan vertical gardening, kamu juga sebaiknya pilih tanaman yang cocok dan tidak menyita banyak tempat. Misalnya hydrangea dan succulent yang bisa ditanam dengan perawatan rendah.

3. Pilih tanaman yang tidak menghabiskan tempat

Ada beberapa jenis tanaman yang tidak menghabiskan banyak tempat. Misalnya, untuk bunga kecil ada bunga hydrangea, krisan, anggrek, morning glory, peace lily, anthurium, dan sebagainya.

Sedangkan, untuk tanaman herba, kamu bisa memilih pohon jeruk, mint, seledri, kemangi, ketumbar, thyme, rosemary, kucai, dan oregano. Kelebihan menanam tanaman herba adalah kamu enggak perlu beli banyak rempah untuk memasak saat di kost.

4. Pertimbangkan tanaman rambat dan semak

Tips berkebun selanjutnya adalah memilih tanaman merambat dan semak. Tanaman rambat bisa tumbuh hanya dengan menempel di dinding, sedangkan tanaman semak tak membutuhkan banyak tempat untuk tumbuh.

Beberapa jenis tanaman semak ialah blueberry, strawberry, atau raspberry. Sedangkan tanaman rambat yang bisa kamu tanam ialah bougenville, mandevilla, air mata pengantin, dan allamanda.

5. Tanam buah yang kecil dalam wadah

Sempat dengar sistem gardening tabulampot? Kepanjangannya tanaman buah dalam pot. Sistem ini sangat cocok digunakan di ruang sempit termasuk kost. Hal ini karena tanaman buah yang biasanya tumbuh di tanah luas, dipindahkan ke dalam pot. Nutrisi tanah dan air yang tak sebanyak di tanah luas akan membuat tanaman tak akan tumbuh besar tapi masih bisa berbuah.

Nah, jika kamu memberinya pupuk yang pas dan sinar matahari yang pas, tanaman akan tumbuh tak terlalu besar. Jenis tanaman buah yang bisa kamu tanam ialah tomat, stroberi, jambu biji, jambu air, jeruk nipis, dan delima.

Sumber Artikel:: https://roomme.id/artikel/living/tips-berkebun-di-kost

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.