Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kecil-kecil Bernutrisi, Ini Dia 5 Manfaat Sehat Putren

Kecil-kecil Bernutrisi, Ini Dia 5 Manfaat Sehat Putren

 Baturaja Radio.com -  Putren, atau awam mengenalnya dengan jagung muda, pada dasarnya adalah jagung yang dipanen lebih cepat. Ukurannya yang jauh lebih kecil dari jagung pada umumnya membuatnya disebut sebagai baby corn.

Namun, meski ukurannya kecil, tapi manfaat yang ditawarkan besar! Gampang diolah dan sering dijadikan tumisan, yuk ketahui apa saja manfaat yang bisa kamu dapat dari putren.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh 

Agar tubuh tetap sehat, putren bisa masukkan ke menu makan harian. Pasalnya, dilansir dari laman NDTV Food, putren mengandung vitamin C, vitamin A, dan zat besi.

Menurut Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), vitamin A dan vitamin C berperan penting dalam ketahanan daya tubuh, yaitu mampu melawan infeksi.

Sementara itu, zat besi diperlukan untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

2. Membantu menurunkan berat badan

Dilansir dari Livestrong, jagung muda merupakan sayuran rendah kalori. Menurut keterangan dari USDA, 1/2 cup jagung muda hanya mengandung 25 kalori. Sementara itu, dengan porsi yang sama, jagung biasa (jenis sayuran starchy atau bertepung) memiliki 60 kalori.

Kandungan kalori jagung muda serupa dengan jenis sayuran non-starchy, seperti brokoli, kembang kol, dan kacang polong.

Karena rendah kalori, jagung muda merupakan salah satu bahan makanan yang pas untuk kamu yang sedang mengurangi maupun mempertahankan berat badan.

Selain itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, jagung muda juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan terkontrol.

3. Mencegah tekanan darah tinggi 

ekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi peningkatan tekanan darah secara kronis. Kalau tidak terkendali, komplikasi yang ditimbulkan bisa serius, seperti serangan jantung dan stroke. Seram, kan?

Maka dari itu, cegah dengan makan makanan sehat, salah satunya adalah jagung muda. Putren mengandung potasium atau kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Cara kerjanya adalah dengan menyeimbangkan efek negatif dari garam.

4. Baik untuk ibu hamil dan menyusui

Ibu hamil dan menyusui perlu memenuhi asupan nutrisi asam folat atau vitamin B9. Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan, demi mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi.

Asam folat yang dikonsumsi oleh ibu menyusui dapat meningkatkan kualitas ASI, yang tentunya berpengaruh baik bagi bayi dan perkembangan kesehatannya. Kekurangan asam folat membuat ibu hamil dan ibu menyusui berisiko terancam anemia dan gangguan jantung.

Nah, salah satu makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil dan menyusui adalah jagung muda karena mengandung asam folat.

5. Kulit sehat dan tampak glowing!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jagung muda mengandung vitamin A dan vitamin C. Vitamin A adalah jenis antioksidan yang dapat merangsang produksi kolagen sekaligus menangkal efek buruk dari paparan sinar ultraviolet.

Vitamin C juga turut menstimulasi produksi kolagen dan melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Sebagai bonus, vitamin C juga berperan dalam mencegah kulit kering dan memperlambat tanda-tanda penuaan dini.

Terbukti, kecil-kecil tapi manfaat putren atau jagung muda luar biasa, bukan? Yuk perbanyak konsumsi bahan makanan ini. Hindari jagung muda kalengan karena kandungan garamnya tinggi. Lebih baik pilih jagung muda yang segar.

Kamu bisa menumisnya dengan minyak zaitun. Agar asupan nutrisi yang didapat makin banyak, kombinasikan dengan bahan makanan lain yang juga sehat, ya! Yum! (idntimes.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.