Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

5 Tips Tetap Percaya Diri Saat Bersaing Mencari Pekerjaan dari HRD

 



5 Tips Tetap Percaya Diri Saat Bersaing Mencari Pekerjaan dari HRD


Baturaja Radio.com - Memasuki dunia kerja mungkin akan jadi hal yang sedikit menegangkan, terutama bagi fresh graduate. Secara tak langsung, kamu akan merasa minder karena belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni. Terlebih, adanya persaingan antar kandidat yang bisa membuatmu semakin merasa tidak percaya diri.

Tetapi, kamu tak perlu khawatir. Berikut 5 tips tetap percaya diri saat bersaing mencari pekerjaan dari HRD, yaitu Albert Mahendra selaku HR Officer Jakmall.com dan Karoline A. Sinaga, M.Psi, Psi. sebagai HR Practitioner & Psychologist.

1. Tetaplah berpikir positif dan buang jauh-jauh rasa panikmu!

Dilansir mirroroflifesecrets.com, sikap positif sangat diperlukan untuk kemajuan seseorang. Jika berpikir positif, kita dapat berpandangan lebih terbuka ketika menerima kenyataan dan dapat membuat hidup kita berkembang lebih baik.

Begitu pula dalam hal bersaing mencari pekerjaan. Melalui wawancara secara daring pada Kamis (17/12/2020) lalu, Karoline menyebut jika masalah percaya diri cukup signifikan efeknya dalam mencari kerja.

"Caranya supaya percaya diri, ya positive thinkingPositive thinking yang didukung sama persiapan yang matang. Jadi, kita gak boleh percaya diri tanpa ada persiapan yang matang," jelasnya. 

2. Terkait dengan poin sebelumnya, kamu juga perlu melakukan persiapan yang sesuai dengan requirement perusahaan


Jika ingin lebih percaya diri saat bersaing dengan kandidat lainnya, kamu harus melakukan persiapan yang sangat matang. Dari mempelajari company profile perusahaan yang dilamar, job description, hingga hal lain yang sekiranya membantu saat wawancara.

"Bagaimana cara bersiap-siapnya? Apa saja yang harus dipersiapkan? Ya, disesuaikan lagi dengan kebutuhan kalian dan kebutuhan company-nya tuh apa. Kalau memang sudah menyebutkan 'Requirement-nya ini, ini, ini,' ya sudah, cari tahu kamu harus mempersiapkan apa gitu," tambah HRD di perusahaan tambang tersebut.

3.  Selalu terapkan mindset bahwa tak ada manusia yang lebih jelek dibanding orang lain karena tiap manusia itu unik



Setiap rekrutmen kerja pasti akan berakhir dengan diterima maupun tidak diterima. Tidak mungkin semua pelamar pada sebuah perusahaan akan diterima begitu saja. Karena itu, kamu perlu memiliki pola pikir yang baik jika nanti gagal.

“Setiap manusia itu unik. Jadi, tidak ada manusia yang lebih baik dan lebih jelek. Mungkin saja, kamu tidak diterima karena keunikanmu belum sesuai dengan perusahaan. Tetap semangat aja buat mencari perusahaan yang bisa menerima keunikanmu sendiri," tegas Albert



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.