SAYUR SANTAN PEDAS

Sayur Santan Pedas
Baturaja Radio.Com Sajian ini adalah bumbu dasar untuk membuat sayuran dengan kuah bersantan pedas. Saya sudah melakukan percobaan berulang-ulang dengan berbagai paduan bahan, menurut saya paduan bumbu ini.jpgyang paling pas. Sebagian besar bumbu diiris, hanya sebagian cabe merah saya haluskan supaya sayur tidak pucat dan semakin mengundang selera. Bikinnya lumayan gampang, cepat dan anda bisa berekreasi dengan pilihan bahan yang ada atau sesuai selera anda masing-masing. Saya jamin rasanya lezat, tidak perlu bahan penyedap maupun terasi. Intinya jumlah santan 

 sementara bahan yang diolah termasuk sayuran bisa anda variasi sesuai selera. Kali ini saya pilih bahan sayuran labu siam dengan paduan tahu dan udang. Anda bisa memilih variasi mix match bahan yang lain,misalnya: tempe, kacang panjang dan telur puyuh atau tahu, kacang panjang, udang atau tahu, labu siam dan filet ayam dan masih banyak lagi asal jangan sayuran yang mudah lembek.
 Catatan: Bagi anda yang tinggal di LN dan susah mendapatkan labu siam, silahkan ganti dengan kohlrabi, kacang panjang tidak tersedia silahkan ganti dengan buncis. Memasak itu mudah jadi tidak perlu dipersulit karena keterbatasan bahan. Asalkan masaknya dari hati dan ikut petunjuk, dijamin rasanya enak, tul nggak ? ;-) Tip Penting : Bumbu iris harus ditumis sampai benar2 matang supaya sayur terasa sedap dan tidak hambar atau cemplang (kata orang jawa). Selamat Bereksperimen, Semoga menambah khasanah resep baru di dapur anda.
 
 Cara Membuat: Iris-iris tahu bentuk dadu atau panjang sesuai selera anda. Goreng tahu dalam minyak panas sampai setengah matang atau sekedar berkulit saja. Tiriskan. Belah labu siam secara melintang, pertemukan kedua bagian dan putar-putar supaya getah keluar. Kupas labu siam, kemudian potong-potong bentuk korek api, beri sedikit garam, remas-remas sampai agak lemas, cuci, tiriskan. Siapkan dan iris halus cabai merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih.
 Haluskan 3 buah cabe merah dengan blender untuk membuat cabe merah giling.
 Sisihkan. Panaskan 3 sdm minyak dalam wajan cekung atau wok, tumis bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu. Aduk2 sampai bawang merah dan bawang putih transparan dan berbau harum. Masukkan cabe merah giling, lengkuas, daun salam & irisan cabe, tumis sambil terus diaduk-aduk hingga bumbu benar-benar matang.
 (Tambahkan garam segera jika bau pedas menyengat supaya anda tidak tersedak). Masukkan labu siam atau sayuran lain yang dipakai, aduk rata, masak sebentar hingga sayuran layu. Masukkan udang, aduk-aduk sampai udang kaku dan berubah warna.
 Tambahkan santan kemudian masukkan irisan tahu goreng. Masak dengan api sedang hingga mendidih. Aduk2 supaya santan tidak pecah/memisah. 
Tambahkan garam dan gula sesuai selera
Masak hingga sayur matang dan bumbu terserap sempurna. Sajikan panas. Catatan: Di resep ini sebagian cabe rawit saya biarkan utuh supaya tidak terlalu pedas sehingga anggota keluarga saya yang lain juga bisa ikut makan :-). Bagi anda yang suka, silahkan tambahkan petai untuk menambah variasi sayuran.(lestariweb.Com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.