Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Gunung Semeru Meletus, Semburkan Awan Panas Sejauh 5 Kilometer Lebih

Gunung Semeru Meletus, Semburkan Awan Panas Sejauh 5 Kilometer Lebih


baturajaradio.com - Belum selesai banjir melanda Kaltim, longsor di Sumedang, dan gempa di Mamuju Kalsel, kita dikejutkan lagi dengan letusan Gunung Semeru.

Baru saja terjadi, Gunung Semeru semburkan awan panas dengan jarak lebih dari 5 kilomter.

Bupati Lumajang, Jawa Timur Thoriqul Haq melaporkan letusan awan panas itu membuat warga di Lumajang waspada dan mengungsi.


Sebelumnya pada pukul 17.24 WIB, Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru dilaporkan jarak luncur kurang lebih 4,5 kilometer.


"Kami mohon doa dari masyarakat agar kami selamat dan yang terbaik untuk warga Lumajang," ujarnya di program berita Kompas TV, Sabtu (16/1/2021).


Menurut laporan pengamatan visual sementara, terlihat asap meluncur ke arah tenggara yang diduga dari dari kawah Jonggring Kaloko berwarna kelabu pekat dalam volume yang besar.


Sedangkan untuk hujan abu vulkanik diperkirakan mengarah ke utara, menyesuaikan arah angin.

Dijelaskan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bahwa perkiraan awal lokasi tersebut berada di daerah sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan.


"Gunung semeru mengeluarkan awan panas.


Dengan jarak 4.5 kilo. Daerah sekitar Sumber Mujur dan Curah Koboan, saat ini menjadi titik guguran awan panas," jelas Bupati Thoriqul.


Mengenai status gunung, saat ini Gunung Semeru masih berada pada level II atau 'Waspada' dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sedang melakukan evaluasi lebih lanjut.


Sementara itu, masyarakat yang bermukim di sekitar Desa Sumber Mujur dan Desa Curah Koboan dan sekitarnya agar waspada dalam menghadapi potensi bencana yang dapat ditimbulkan.


Dalam hal ini, khususnya masyarakat di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan agar tetap waspada dalam menghadapi adanya intensitas curah hujan yang tinggi, sebab hal itu dapat memicu terjadinya banjir lahar dingin.


Hingga siaran pers ini diturunkan, tim gabungan lintas Kementerian/Lembaga masih dalam proses pengembangan informasi dan belum ada keterangan adanya korban jiwa atas peristiwa tersebut.

Akun Twitter BNPB juga membagikan video letusan Gunung Semeru sore tadi.


Dalam video yang dibagikan terlihat awan membumbung tinggi dan disebutkan semburan awan panas pada sore hari sejauh 4,5 kilometer.


Netizen yang melihat updating semburan Gunung Semeru banyak yang bedoa dan meminta kepada Allah SWT agar bencana gunung meletus itu segera berakhir dan tidak memakan korban.



Sumber>> https://palembang.tribunnews.com/2021/01/16/gunung-semeru-meletus-semburkan-awan-panas-sejauh-5-kilometer-lebih?page=2.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.