Dorong Pengembangan Usaha UMKM, Pemkot dan Pemerhati UMKM Bantu Alat Produksi

Dorong Pengembangan Usaha UMKM, Pemkot dan Pemerhati UMKM Bantu Alat Produksi

baturajaradio.com - Pemerintah Kota Palembang dan pemerhati UMKM memberikan bantuan 1.500 alat produksi berupa mesin jahit, impluse sealer, mesin bordir, freezer, dan mixer food diserahkan kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Palembang. 

Bantuan ini adalah bentuk dukungan dalam pengembangan usaha UMKM, sehingga bisa bangkit dari dampak Pandemi Covid-19. 


Walikota Palembang, H Harnojoyo menjelaskan, bantuan ini merupakan hibah dari pemerintah kota dan para pemerhati UMKM di Palembang.


Diharapkan, para UMKM dapat kembali produktif meski saat ini pandemi Covid-19 masih masih terjadi. 

"Jangan dilihat nilainya, kita berharap UMKM yang menerima bantuan ini dapat memanfaatkan alat produksi yang diberikan untuk peningkatan usaha mereka," katanya, Kamis (24/12/2020)


Selain bantuan alat, Pemerintah Kota menggandeng pihak ketiga untuk membuatkan 100 website untuk pelaku usaha agar dapat memasarkan produknya. 


"Pandemi ini tentu banyak orang yang mau beli barang dari rumah. Nah kami hadirkan juga website bagi UMKM yang menjual barangnya untuk menghindari kontak langsung, " ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dinas UKM dan Koperasi Kota Palembang Ana Heriana mengatakan, adapun 1500 bantuan alat produksi diantaranya, 600 unit impulse sealer, mesin jahit 200 unit, mixer food 300 unit. 


Mesin border 100 unit dan sejumlah freezer yang diserahkan kepada UMKM terdaftar. 


"Penerima bantuan ini kami seleksi dari komunitas/organisasi UMKM yang mengajukan, di survei apakah laik atau tidak, " ungkap Ana. 


Untuk memudahkan pemasaran produk-prosuk UMKM, kini mereka mendapatkan pembuatan website secara gratis  yang berjumlah 100 website, dimana setiap UMKM akan memiliki website-nya sendiri untuk memasarkan produknya. 


"Ini memudahkan pelaku usaha UMKM, selama ini kan kalau buka website jualan online sekali buka langsung banyak yang keluar. Nah ini satu-satu kita buatkan website, " jelasnya.(cr26)



Sumber>> https://palembang.tribunnews.com/2020/12/24/dorong-pengembangan-usaha-umkm-pemkot-dan-pemerhati-umkm-bantu-alat-produksi.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.