Sumsel Belum Bisa Terapkan New Normal Angka Penularan Kasus Positif Masih Tinggi Termasuk Palembang

Sumsel Belum Bisa Terapkan New Normal Angka Penularan Kasus Positif Masih Tinggi Termasuk Palembangbaturajaradio.com - Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel menegaskan penerapan tatanan kehidupan normal baru (new normal) secara resmi belum dilakukan di provinsi Sumsel, khususnya kota Palembang.

Hal ini dikarenakan pihak Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumsel masih melakukan evaluasi terhadap perkembangan Covid-19 di Sumsel yang akhir-akhir ini cenderung menurun namun di sisi lain angka penularan kasus positif masih tinggi.

Saat ini saja angka produksi efektif (Rt) Sumsel adalah 1,06.

Sekadar informasi, Rt merupakan tingkat orang yang tertular dari satu orang positif Covid-19.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 di Sumsel, Yusri mengatakan dengan melihat perkembangan kasus artinya belum sepenuhnya terkendali dan untuk penerapan kehidupan new normal.

"Mungkin saat ini beradaptasi untuk melaksanakan new normal.

Tentunya dengan kebiasaan baru dengan protokol kesehatan," katanya, Senin (15/6/2020).
Berdasarkan data terbaru, penambahan kasus positif baru Covid-19 di Sumsel sebanyak 52 kasus.

Adapun rincian kasus terbaru tersebut yakni 39 kasus asal Palembang, 12 kasus dari Musi Banyuasin dan 1 kasus lainnya dari Banyuasin.

Dengan adanya tambahan tersebut kini total kasus positif Covid-19 di Sumsel menjadi 1.448

Sementara itu, untuk kasus sembuh bertambah 15 kasus yang terdiri dari Ogan Ilir 3, Palembang 6, Musi Banyuasin 4 dan Banyuasin 2. Hingga kini total kasus sembuh 651 kasus.

Untuk kasus meninggal akibat infeksi Covid-19 pun terus terjadi. Sampai saat ini total kasus meninggal 57 usai mendapatkan tambahan dua kasus meninggal.

"Dengan demikian untuk kasus selesai 708, dari total kasus sembuh dan meninggal. Jadi, kasus Covid-19 yang masih aktif 740 orang," jelas Yusri.

Dia menambahkan, untuk saat ini total Orang dalam Pemantauan (ODP) di Sumsel sebanyak 7.542 orang, dengan jumlah orang selesai dilakukan pemantauan 5.760
dan jumlah orang masih dalam proses pengawasan 1.782.


Selai itu, jumlah keseluruhan Pasien dalam Pemantauan (PDP) di Sumsel yakni sebanyak 797 orang.

Dari angka tersebut jumlah pasien selesai dalam pengawasan
313 orang dan masih dalam proses pengawasan atau perawatan 484 orang.


"Kunci dari pencegahan penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan pada protokol kesehatan. Jadi, kami imbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan." jelas Yusri.(mg3)


Sumber>>>https://palembang.tribunnews.com/2020/06/15/sumsel-belum-bisa-terapkan-new-normal-angka-penularan-kasus-positif-masih-tinggi-termasuk-palembang?page=2.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.