Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan yang Minim Orang Tahu

Baturaja Radio.Com - Selada air merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki beragam manfaat. Sayur yang satu ini memiliki kandungan zat besi lebih banyak dibandingkan dengan bayam. Anda juga bisa menemukan beragam kandungan sehat yang lain seperti halnya vitamin C dan kalsium. Selain dijadikan sebagai konsumsi sehat harian, Anda juga bisa menggunakan selada air sebagai bahan untuk obat-obatan.
Selada air bisa dimasak dengan cara ditumis. Sajian lezat yang satu ini mampu menarik perhatian keluarga dengan aromanya yang sedap dan menggoda.

Manfaat Selada Air Bagi Kesehatan

Ada begitu banyak manfaat selada air bagi kesehatan tubuh manusia, seperti yang berikut ini:

1. Dapat Menghilangkan Mabuk

Manfaat selada air yang pertama adalah untuk menghilangkan mabuk. Sayuran yang satu ini mengandung enzim yang berfungsi sebagai detoksifikasi serta untuk pembersihan hati. Sayur ini juga memiliki kandungan diuretik alami yang dapat melindungi kerusakan hati serta mabuk akibat konsumsi alkohol.

2. Mengurangi Resiko Terjadinya Kerusakan DNA

Manfaat selada air yang selanjutnya adalah untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan DNA. Penelitian yang dilakukan di University of Ulser menyatakan jika mengonsumsi selada air secara rutin dapat mengurangi terjadinya kerusakan DNA pada sel darah. Kerusakan DNA sendiri bisa terjadi akibat serangan radikal bebas.

3. Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Selada air dapat juga digunakan untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Sayuran yang satu ini memiliki sifat anti kanker di dalamnya. Selain itu kandungan dalam selada air seperti halnya vitamin A dan vitamin C juga berperan untuk melindungi kulit dari kerusakan yang berbahaya akibat paparan sinar matahari berlebih.


4. Mencegah Tumor

Selada air juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit tumor. Saat tumor mulai berkembang di dalam tubuh, senyawa sehat dalam sayuran ini akan dengan cepat mengatasi pasokan darah yang ada. Hal ini dapat membuat aktivitas jaringan tubuh berjalan normal kembali.
Nutrisi dalam selada air juga akan  mengirimkan pembuluh darah baru pada gangguan berada dengan memberikan manfaat oksigen serta nutrisi lainnya.

5. Menurunkan Berat Badan

Selada air juga bagus digunakan untuk menurunkan kolesterol serta berat badan yang berlebih. Jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan kalori yang rendah serta nyaris tidak memiliki lemak. Ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi selada air guna mengendalikan kolesterol sekaligus untuk mengendalikan berat badan tubuh.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Agar tubuh tidak mudah sakit, Anda membutuhkan sejumlah nutrisi yang cukup. Selada air memiliki kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk mengatasi radikal bebas penyebab penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat selada air yang selanjutnya adalah bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat yang satu ini didapat dari vitamin K dan kalsium di dalamnya. Vitamin K dikenal memiliki potensi yang baik dalam membantu kesehatan tulang sekaligus memperkuatnya.

8. Mengurangi Terjadinya Kerusakan pada Saraf Otak

Selada air mengandung vitamin K yang bagus untuk mengurangi resiko terjadinya kerusakan saraf di bagian otak. Dengan kandungannya tersebut. Sayuran yang satu ini bagus digunakan untuk mengobati pasien yang menderita penyakit alzheimer.

9. Menjaga Fungsi Metabolisme Tubuh

Di dalam selada air terdapat pula kandungan vitamin B kompleks seperti halnya vitamin B-6, niacin, riboflavin, thiamin serta asam pantotenat. Kandungan tersebut bagus untuk melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

10. Untuk Mengontrol Fungsi Jantung

Manfaat selada air yang selanjutnya adalah untuk mengontrol fungsi jantung. Selada air mengandung mineral yang cukup tinggi seperti halnya kalsium, kalium, fosfor, tembaga, mangan dan magnesium. Kalium adalah komponen yang penting dari sel serta cairan tubuh yang bertugas untuk membantu mengontrol detak jantung serta tekanan darah dalam tubuh.

11. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Selada air mengandung zat klorofil yang cukup banyak di dalamnya. Klorofil mampu meningkatkan serta mendukung fungsi pencernaan di dalam tubuh. Enzim yang satu ini bagus untuk membantu tubuh dalam menyerap beragam jenis nutrisi serta untuk memastikan jika sistem pencernaan dapat berlangsung dengan baik.

12. Obat Diabetes

Manfaat selada air yang selanjutnya adalah untuk mengobati diabetes. Selada air memiliki kandungan berupa alpha-lipoic acid antioksidan yang bagus digunakan untuk menurunkan kadar glukosa serta mencegah oksidatif stres pada pasien diabetes. Selain selada air, penderita diabetes juga bisa terbatu oleh konsumsi kacang panjang, biji mahoni serta tauge.

13. Sebagai Obat Anemia

Selada air mengandung zat besi yang penting dalam sintesis hemoglobin serta produksi asam folat. Kedua elemen tersebut merupakan elemen yang penting bagi sel darah merah dalam tubuh. Selain itu, selada air juga mengandung vitamin C yang berguna untuk menyerap zat besi bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi selada air secara rutin, Anda akan terhindar dari anemia akibat kekurangan zat besi.
Selain ragam manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa Anda temukan dalam selada air.(blog.regopantes.Com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.