Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Penyaluran BLT di Sumsel Masih Minim, Baru 14 dari 2.853 Desa Baru Terima BLT Dana Desa

Penyaluran BLT di Sumsel Masih Minim, Baru 14 dari 2.853 Desa Baru Terima BLT Dana Desabaturajaradio.com - Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa di Sumatera Selatan (Sumsel) masih tergolong minim.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Pemerintah dan Masyarakat Desa Provinsi Sumsel, saat ini baru 14 desa saja dari 2853 desa di Sumsel yang sudah menyalurkan BLT dari dana desa.

Adapun 14 desa tersebut, yaitu berasal dari tiga daerah di Sumsel, yakni Ogan Komering Ilir (OKI), Muaraenim, dan Musi Rawas.

"Memang masih sangat minim karena Sumsel memiliki 2.853 desa.

Tapi ini karena memang 14 desa ini sudah dikirimkan pusat untuk dananya, dan kita (Sumsel) memang baru memulainya," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintah dan Masyarakat Desa Provinsi Sumsel, Yusnin, Selasa (5/5/2020).

Yusnin menerangkan, masih minimnya BLT dana desa yang diterima daerah ini karena banyaknya pemerintah desa yang belum melengkapi data penerima BLT tersebut.

Oleh karena itu, dia meminta agar pemerintah desa dan kabupaten/kota agar segera melengkapi dan mengirimkan data penerima BLT tersebut.

"Kami juga terus mengingatkan agar pemerintah desa dan pemerintah kabupaten/kota untuk melengkapi persyaratan untuk pencairan BLT dana desa ini," kata dia.

Yusnin mengatakan, penyaluran BLT ini terus berlanjut dengan sistem penyaluran BLT dilakukan secara tunai maupun transfer lewat rekening perbankan.

Hingga kini tercatat dari 14 desa tersebut ada 298 Kepala Keluarga (KK) penerima BLT dengan transfer bank dan 351 KK penerima BLT dengan dana tunai.

"Total penerima BLT dana desa yang sudah tersalur yakni 649 KK di mana masing-masing KK menerima Rp600 ribu sehingga total anggaran yang telah disalurkan sebanyak Rp389.400.000," jelasnya.

Dijelaskan Yusnin, ada empat kategori penerima BLT dana ini yakni masuk  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) belum dapat Petugas Jaring Pengaman Sosial (JPS), belum terdata dalam program bantuan apapun, kehilangan mata pencaharian dan memiliki penyakit menahun atau kronis.

"Dari data kami, di Sumsel ada sebanyak 112.535 KK penerima BLT dana desa," jelas Yusnin.(mg3)

Keterangan foto:
Kepala Dinas Pemberdayaan Pemerintah dan Masyarakat Desa Provinsi Sumsel, Yusnin. (dokumen Sripo)



Sumber>> https://palembang.tribunnews.com/2020/05/05/penyaluran-blt-di-sumsel-masih-minim-baru-14-dari-2853-desa-baru-terima-blt-dana-desa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.