Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Importir Diminta Beli Bawang Putih Petani Temanggung



Petani di Temanggung sedang panen raya bawang putih. Ilustrasi.Baturajaradio.com -Importir bawang putih diminta membeli bawang putih hasil panen petani Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Tujuannya agar harganya membaik karena pada panen raya ini harga bawang putih anjlok.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq mengatakan Temanggung sekarang tengah panen raya bawang putih dengan luasan hampir tiga ribu hektare. Dari luas tiga ribu hektare itu ada beberapa kategori lahan. Sebagian di antaranya dibiayai oleh APBN, sebagian investor (importir), dan sebagian di antaranya pertanian bawang putih mandiri para petani.

Menurut dia, di tengah panen raya ini harga bawang putih anjlok. S ekarang bawang putih basah hanya Rp 8 ribu per kilogram dari biasanya antara Rp 12 ribu hingga Rp 17 ribu per kilogram. "Petani Temanggung menjerit semuanya kesulitan menjual bawang putih dengan harga yang wajar," katanya.

Khadziq menyampaikan Menteri Pertanian pada Kamis (16/4) berkunjung ke Temanggung dan memerintahkan para importir bawang untuk membeli bawang putih petani. Untuk itu Pemkab Temanggung akan berkoordinasi dengan Dirjen Hortikultura Kementan. Koordinasi dilakukan guna mendata semua hasil panen petani dan menyampaikannya kepada kementerian dan nanti untuk dibeli para importir.

"Semoga skema ini bisa berjalan dengan baik. Nanti investor betul-betul turun ke Temanggung membeli bawang putih petani sehingga harganya bisa bertambah bagus," kata Khadziq.

Menurut dia jika importir tidak ikut membeli bawang putih petani dikhawatirkan nantinya terjadi permasalahan. Ini karena sekian persen bawang putih yang kini harganya Rp 8 ribu per kilogram tersebut sebenarnya untuk pembenihan.

"Kalau importir tidak membeli maka kita khawatirkan oleh petani dijual sebagai bawang konsumsi sehingga program APBN berikutnya bisa terancam kekurangan benih. Oleh karena itu kehadiran importir sangat penting," jelasnya.

Ia berharap importir bawang putih melaksanakan tanggung jawabnya membeli bawang dari petani baik bawang untuk pembenihan maupun bawang putih untuk konsumsi. "Importir jangan lari dari tanggung jawab. Saya mohon mereka punya tanggung jawab bersama kita untuk mengembangkan bawang putih nasional dengan cara membeli bawang putih hasil petani khususnya bawang putih dari Temanggung," katanya.






(https://republika.co.id/berita/q8wsz8459/importir-diminta-beli-bawang-putih-petani-temanggung)

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.