Cara Membuat Sayur Sop

sayur sop rev1
baturajaradio.com -Sebagai permulaan, kita akan belajar cara membuat sop bening sederhana yang biasa disajikan di rumah. Bumbunya sangat simpel dan kita bisa memasukkan berbagai bahan yang disukai keluarga, misalnya bakso, sosis, ceker, dan soun.

Sayur yang digunakan pun tak harus wortel, kol, dan kentang saja. Bisa juga dimasukkan brokoli, kembang kol, kacang polong, jagung muda, atau buncis.
Bahan (untuk 4-5 porsi):
3 buah wortel
1/2 kubis/kol ukuran sedang
1 kuntum kembang kol
1 kuntum brokoli
8 buah buncis
1 batang bawang perai
1 batang seledri
minyak goreng secukupnya (untuk menumis)
air untuk merebus secukupnya

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
4 siung bawang merah
merica secukupnya
garam dapur secukupnya
Cara membuat sayur sop:

  1. Cuci semua sayuran yang akan dipakai. Kupas wortel, kemudian iris tipis. Sobek-sobek kol, iris kembang kol dan brokoli menjadi kuntum kecil, kemudian potong buncis yang sudah dibersihkan dari seratnya sepanjang satu ruas jari telunjuk. Iris-iris bawang perai dan rajang halus seledri. Setelah itu sisihkan semuanya.
  2. Panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bawang putih, bawang merah, garam, dan merica yang sudah dihaluskan bersama sampai harum.
  3. Panaskan sepanci air, masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi. Masukkan sayuran dari yang paling lama matangnya. Pertama wortel, kemudian buncis, kembang kol dan brokoli, lalu terakhir kubis. Gunakan api besar untuk memasaknya.
  4. Koreksi rasa begitu sayuran sudah matang. Jika masih kurang pas, tambahkan garam.
  5. Masukkan juga bawang perai dan seledri sesaat sebelum sop diangkat.
  6. Demikian cara membuat sop bening sederhana. Sajikan sop dalam keadaan hangat dengan atau tanpa nasi. Jangan terlalu sering dipanaskan kembali agar sayuran tidak lembek saat disajikan.(https://www.merdeka.com/gaya/3-cara-membuat-sop-mulai-dari-sop-bening-sederhana-sop-iga-hingga-sop-ayam-kampung-kln.html)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.