Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

5 Tips Jitu Agar Tetap Sehat dan Produktif Saat Harus Kerja di Rumah

5 Tips Jitu Agar Tetap Sehat dan Produktif Saat Harus Kerja di Rumahbaturajaradio.com - Di zaman modern seperti sekarang ini, bekerja tidak melulu harus duduk diam di kantor. Ya, Anda bisa bekerja di mana saja, entah itu di kafe, tempat makan, atau di rumah sekalipun. Jam kerjanya pun tentu lebih fleksibel karena hanya Anda sendiri yang bisa mengaturnya. Namun saking santainya, kerja di rumah tak jarang bikin Anda jadi malas gerak alias mager dan akhirnya malah tidak produktif. Lantas, bagaimana caranya supaya kita bisa tetap semangat dan produktif saat kerja di rumah? Psstt.. Intip rahasianya berikut ini.

Tips tetap produktif dan sehat saat kerja di rumah

Tidak jauh berbeda dengan kerja di kantor, Anda juga rentan terkena berbagai penyakit saat kerja di rumah. Kalau biasanya Anda bisa lebih banyak terkena sinar matahari saat berangkat ke kantor, kini Anda jadi gampang sakit dan lemas karena kurang paparan sinar matahari.
Selain itu, kebanyakan duduk juga bisa menyebabkan sakit punggung, leher kaku, dan bahkan mengundang obesitas. Kondisi-kondisi tersebut bisa menghambat pekerjaan dan mengurangi produktivitas.
Namun tak perlu khawatir. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat, semangat, dan produktif saat kerja di rumah. Ini rahasianya.

1. Tata meja kerja senyaman mungkin

Kerja di rumah memang lebih fleksibel karena Anda bisa bekerja di mana saja. Entah di kamar tidur, ruang tamu, atau ruang kerja khusus.
Namun, sebaiknya sediakan satu ruang atau sudut khusus untuk tempat Anda bekerja. Pasalnya, memiliki ruang kerja yang nyaman bisa meningkatkan produktivitas, lho.
Itulah kenapa, Anda tidak dianjurkan untuk kerja sambil tengkurap atau di atas kasur karena bisa mengganggu fokus. Hal ini juga bisa membuat punggung Anda jadi sakit dan memicu cedera.
Maka itu, pastikan meja kerja tertata rapi dan membuat Anda nyaman. Duduklah dengan posisi kepala dan punggung yang tegak, posisi lengan yang lurus dengan keyboard, serta pandangan lurus ke arah layar komputer. Posisi yang seperti ini bisa membuat postur tubuh Anda tetap normal dan terhindar dari cedera.

2. Makan teratur

Anda mungkin sering telat makan karena dikejar deadline dari atasan di kantor. Namun ketika memutuskan untuk kerja di rumah, tentunya waktu makan Anda bisa jadi lebih teratur, bukan?
Yuk, awali hari Anda dengan makanan dan minuman yang bisa bikin fokus seharian. Misalnya dengan sarapan roti isi telur, makan pisang, atau bisa juga dengan minum teh atau kopi di pagi hari.
Dilansir dari Livestrong, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa konsumsi kafein bisa meningkatkan aktivitas otak yang terlibat dalam proses perencanaan, perhatian, pemantauan, dan konsentrasi. Itulah kenapa, tidak sedikit orang yang memilih minum kopi supaya bisa lebih fokus, disamping untuk mengusir kantuk.
Anda juga boleh, kok, kerja sambil ngemil. Syaratnya, pilihlah camilan yang sehat dan tinggi serat, misalnya kacang-kacangan, buah potong, yogurt, atau popcorn tanpa karamel.

3. Sempatkan olahraga ringan

Bagi Anda yang merasa tidak bisa olahraga karena sibuk di kantor, sekarang tentu tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Ya, Anda masih bisa menyempatkan olahraga di rumah di sela-sela pekerjaan.
Terlepas dari apakah Anda sedang bekerja di kantor atau di rumah, Anda harus tetap bergerak aktif supaya badan tidak gampang capek dan cedera saat bekerja. Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di rumah, misalnya push upsquat, atau sekadar jalan-jalan ke seluruh ruangan rumah.
Tak butuh waktu lama, cukup lakukan olahraga ini selama 10 menit atau ketika Anda merasa suntuk bekerja dan butuh penyegaran. Tubuh dan pikiran Anda dijamin akan lebih rileks dan fokus saat kembali bekerja.

4. Hindari hal-hal yang mengganggu fokus

Membuka media sosial atau menonton TV sebentar di tengah-tengah bekerja boleh saja dilakukan untuk melepas penat. Akan tetapi jangan sampai keterusan, bisa-bisa pekerjaan Anda jadi terbengkalai. Saking serunya, Anda malah keasyikan main media sosial dan akhirnya tidak produktif.
Supaya lebih produktif, hindari berbagai hal yang bisa mengganggu fokus Anda. Misalnya dengan mematikan TV, menyalakan mode silent di HP, atau menyimpan HP di tas. Hal ini dilakukan supaya tidak muncul godaan untuk membuka HP setiap ada notifikasi yang masuk.

5. Sisihkan waktu untuk jalan-jalan di luar rumah

Duduk terlalu lama saat bekerja bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Mulai dari badan pegal, sakit punggung, leher kaku, risiko obesitas, dan memicu stres.
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa stres bisa mengganggu kesehatan, baik secara fisik maupun emosional. Tak hanya memicu depresi, stres berkepanjangan juga bisa memperburuk sakit punggung dan masalah pencernaan.
Oleh karena itu, sempatkanlah untuk menghirup udara segar di luar rumah. Misalnya pergi jalan-jalan ke taman, belanja bahan makanan di pasar swalayan, dan sebagainya. Semakin rileks pikiran Anda, maka tubuh pun jadi semakin sehat dan bugar. Setelah kembali ke rumah, Anda bisa lanjut bekerja dengan lebih fokus dan produktif.
Sumber>>https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-sehat-saat-kerja-di-rumah/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.