Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan, Beserta Efek Sampingnya

Campus CJBaturaja Radio Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang kerap digunakan sebagai minuman herbal. Jahe merah berbeda dengan jahe biasa.
Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu masak. Namun, jahe merah umum digunakan sebagai minuman penghangat tubuh. Jahe merah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis jahe ini mampu menghangatkan tubuh dan sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur.
ahe merah cukup populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Berkat aromanya yang khas, jahe merah kerap dijadikaan pengobatan alternatif di China, India, Timur Tengah, hingga Indonesia.
Ekstrak jahe merah banyak dijual di pasaran baik minuman sudah cair maupun bubuk dalam kemasan. Namun, sebaiknya Anda membuat ramuan jahe merah sendiri ketimbang membelinya di pasar.
Jahe merah di pasaran biasanya tak lagi murni dan segar karena telah tercampur, termasuk bahan pengawet dan pemanis buatan.
Jenis jahe berwarna merah yang satu ini memiliki rasa pedas dan lebih hangat ketimbang jahe biasa. Jahe merah mengandung senyawa bermanfaat seperti shogaol, gingero, hingga zingeron.
Saking banyaknya kandungan dalam jahe merah, sehingga tak heran tumbuhan herbal ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut adalah 25 manfaat jahe merah untuk kesehatan dan kecantikan beserta efek sampingnya yang perlu diwaspad

25 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
  2. Mengurangi peradangan
  3. Mencegah risiko kanker usus
  4. Menyembuhkan alergi
  5. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
  6. Melegakan tenggorokan
  7. Mencegah kebotakan dan mengatasi rambut rontok
  8. Membakar lemak dan kalori
  9. Mencegah selulit dan menyehatkan kulit
  10. Menghaluskan kulit
  11. Mencegah penuaan, alias awet muda
  12. Mencegah timbulnya jerawat
  13. Mengatasi mual dan muntah
  14. Melancarkan sistem pencernaan
  15. Menyehatkan otak
  16. Mengatasi migrain, atau sakit kepala
  17. Melindungi tubuh dari sinar UV
  18. Mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes
  19. Mencegah obesitas
  20. Menurunkan risiko stroke
  21. Menjaga kesehatan tekanan darah
  22. Berkhasiat untuk kesehatan tulang
  23. Meredakan nyeri otot dan sendi
  24. Mengobati flu dan batuk
  25. Mengatasi sembelit dan diare



Efek Samping Jahe yang Harus Diwaspadai

Anda tak boleh terlena dengan segudang manfaat jahe merah di atas. Kendati memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, tanaman herbal ini juga dapat memicu sejumlah efek samping apabila dikonsumsi berlebihan.
Berdasarkan  beberapa hasil penelitian herbalist, mengonsumsi jahe merah berlebihan dalam satu hari dapat menyebabkan mulas, kembung, mual, atau gangguan perut. Jahe merah juga akan memberikan dampak buruk sebagai berikut.
1. Risiko Pendarahan
Jahe merah bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Namun, manfaat itu justru dapat meningkatkan risiko pendarahan, terutama bagi Anda yang memiliki kelainan darah atau tengah menjalani pengobatan memperlambat pembekuan darah.
2. Penderita Batu Empedu
Jahe merah dapat merangsang produksi empedu. Jenis jahe yang satu ini tidak dianjurkan untuk pasien penderita batu empedu.
3. Hindari Konsumsi Jahe Merah Sebelum Operasi
Sebuah hasil penelitian pada 2007 menemukan seseorang yang mengonsumsi jahe sebelum operasi akan meningkatkan risiko pendarahan internal. Oleh sebab itu, para pakar kesehatan atau dokter selalu menyarankan pasiennya agar tidak mengonsumsi jahe merah atau jahe biasa dua pekan sebelum operasi.
4. Bahaya bagi ibu hamil
Sejumlah penelitian menyatakan jahe merah dapat menurunkan penyerapan zat besi dan vitamin yang larut dalam lemak pada wanita hamil. Kemudian, jahe merah berisiko menyebabkan kontraksi uterus.
Apabila Anda tengah mengandung dan ingin meminum jahe merah, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau bidan terlebih dahulu. Karena dikhawatirkan bisa mengalami pendarahan.(Bola.Com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.