Aktivitas Guguran Lava Pijar Gunung Semeru Menurun


Perkembangan gunung semerubaturajaradio.com - Guguran lava pijar aktivitas erupsi Gunung Semeru masih terpantau mengalir dari puncak. Meski begitu, aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa ini sudah mengalami penurunan.

Hal ini disampaikan Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo.
Dari data Pos Pengamatan Gunung Api Semeru periode pengamatan 07 Maret 2020 pukul 00.00 - 06.00 wib secara visual Gunung Semeru teramati guguran lava pijar 2 kali dengan jarak luncur 300 - 750 meter ke arah besuk kobokan.
Gunung Semeru terjadi guguran 7 kali, hembusan 7 kali. Status Gunung Semeru hingga kini masih level 2 waspada.
"Untuk aktivitas Gunung Semeru ada penurunan. Status Gunung Semeru masih level 2 waspada " ujar Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo saat dikonfirmasi, Sabtu (07/03/2020)
Meski demikian, petugas mengimbau kepada masyarakat tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 KM dan wilayah sejauh 4 KM di sektor lereng Selatan-Tenggara kawah aktif. Itu merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru sebagai alur luncuran awan panas.
"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 1 km dan tidak melakukan aktivitas di wilayah sejauh 4 KM di sektor lereng Selatan-Tenggara," ujar Wawan.
Sumber>>https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4929354/aktivitas-guguran-lava-pijar-gunung-semeru-menurun?tag_from=wp_nhl_2

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.