Tinggi Serat, 10 Manfaat Konsumsi Buncis untuk Kesehatan

Baturaja Radio.Com -
untuk menuhi asupan nutrisi tubuh, sayur kerap ditambahkan ke dalam menu santapan sehari-hari. Memiliki gizi yang tinggi, mayoritas orang kerap mengolah sayur menjadi aneka penganan nikmat mulai dari tumisan, rebusan, hingga gulai.
Salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi adalah buncis. Tak hanya lezat, sayuran yang memiliki bentuk dan tampilan yang menyerupai kacang panjang ini juga dinilai memiliki sederet manfaat penting yang baik untuk kesehatan. Manfaat apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir 1.Menyediakan energi
Buncis mengandung zat besi dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan bayam, sehingga sangat baik untuk membantu proses pengangkutan oksigen dari paru-paru ke sel-sel di seluruh tubuh. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyisipkan sedikit buncis ke dalam menu santapan sehari-harimu. 2. Meningkatkan kesehatan jantung
Buncis tinggi akan kalsium dan flavonoid yang sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung. Selain itu, sayuran hijau ini juga diperkaya dengan zat flavonoid dan antiinflamasi yang dapt membantu mengatur aktivitas trombotik dalam sel dan mencegah pembekuan darah di arteri, sehingga akan meminimalisir berbagai penyakit terkait dengan pembekuan arteri seperti stroke, diabetes, hingga gagal jantung.
3. Baik untuk mata
Buncis juga diperkaya dengan zat karotenoid yang berperan penting untuk mencegah degenerasi makula atau penurunan penglihatan. Tak hanya itu, buncis juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu menjaga penglihatan dan menghindarkannya dari beragam jenis penyakit seperti rabun dan katarak. 4. Tinggi antioksidan
Buncis tinggi akan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam masalah akibat radikal bebas. Karenanya, konsumsi secangkir buncis setiap hari untuk meminimalisir dampak buruk dan penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut.
5. Mencegah kanker usus besar
Mengkonsumsi buncis secara rutin juga bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar. Ya, mengandung serat yang cukup tinggi, buncis dapat membantu melancarkan sistem pemcernaan, meningkatkan gerakan usus, sehingga mencegah kanker usus besar.
6. Meningkatkan kesehatan tulang
Kalsium yang ditemukan dalam buncis dapat mencegah kerusakan tulang dan osteoporosis. Buncis juga mengandung vitamin K dan A yang dapat meningkatkan kesehatan tulang, mencegah keropos tulang, dan juga membantu memaksimalkan proses regenerasi tulang.
7. Mengobati masalah pencernaan
Tingginya jumlah serat dalam buncis bisa membantu meringankan beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan maag. 110 gram buncis mengandung sekitar 15 persen serat harian tubuh. Jangan lupa imbangi dengan makanan bernutrisi lainnya agar penyerapan gizi semakin maksimal.
8. Mencegah infeksi Buncis mengandung sejumlah vitamin seperti niacin dan tiamin yang dapat membantu mengurangi infeksi di dalam tubuh. Selain itu, buncis juga mengandung vitamin B, vitamin C, dan juga nutrisi penting lainnya yang dapat membantu mencegah peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas.
9. Mencegah cacat lahir pada bayi Buncis merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung sumber folat dan mineral yang sangat tinggi, sehingga berguna untuk membantu proses pembelahan sel dan sintesis DNA, sehingga dapat meminimalisir risiko cacat pada bayi setelah lahir.
10. Membantu menurunkan berat badan Buncis juga minim akan kalori sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Diperkaya dengan kandungan serat yang melimpah, buncis dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme dan mencegah kembung, sehingga akan memaksimalkan proses penurunan berat badan.(Buncis juga minim akan kalori sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Diperkaya dengan kandungan serat yang melimpah, buncis dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme dan mencegah kembung, sehingga akan memaksimalkan proses penurunan berat badan (Kumparanfood.com)








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.