Kadisdik Sumsel Ajak Kepsek dan Guru Terapkan Metode 4G dalam Memajukan Sekolah,

Kadisdik Sumsel Ajak Kepsek dan Guru Terapkan Metode 4G dalam Memajukan Sekolah,baturajaradio.com - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Reza Fahlevi melakukan kunjungan kerja ke Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Dalam kunjungannya, Reza menghimbau supaya seluruh guru khususnya Kepala Sekolah (Kepsek) di wilayah Sumatera Selatan termasuk OKI menerapkan prinsip metode 4G.

Prinsip tersebut ia cetuskan sendiri karena ingin memberikan pengembangan istilah dalam dunia pendidikan, dan tidak ada kaitannya dengan sebuah jaringan seluler.

"Istilah 4G disini bukan berarti jaringan, tapi kita mengambil dari makna kecepatannya,"
"Istilah 4G ini merupakan singkatan dari gagasan, gerakan, gaul, dan ‘gila’," ucapnya setelah menghadiri acara gelora Festival sumsel di halaman gedung SMAN 3 Kayuagung, Senin (17/2/2020).

Reza melanjutkan, jika terdapat makna yang besar dalam setiap poin singkatan dari 4G yang ia cetuskan.

"Seperti Gagasan, seorang guru atau kepala sekolah harus memiliki gagasan yang kuat dan hebat untuk memajukan sekolahnya," ujarnya.

Selanjutnya yang kedua yakni gerakan yang bermakna dalam menunjang gagasan yang ada, karena ketika yang muncul hanya ide atau gagasan tapi tidak ada gerakan hal ini akan menjadi sia-sia.

"Lalu poin gaul atau pergaulan yang menjadi pendukung poin sebelumnya. Tanpa adanya pergaulan makan untuk melaksanakan kegiatan akan sulit, karena di beberapa kegiatan ada yang membutuhkan sponsor dan lain sebagainya,"

Kemudian G yang terakhir yaitu ‘gila’, yang mana gila disini memiliki makna dalam ide yang dikeluarkan harus yang luar biasa dan belum pernah terpikirkan sebelumnya.

"Gila disini dalam tanda kutip, karena untuk berkarya terkadang kita membutuhkan ide-ide gila yang berbeda dan mungkin tidak bisa dilakukan oleh orang lain,"

"Ketika ide gila ini berhasil dilaksanakan kita akan menjadi yang pertama, tapi kalau belum berhasil setidaknya pernah mencoba" jelasnya.

Reza mengatakan bahwa kinerja yang dilakukan seorang guru maupun Kepsek jangan sebatas seperti air yang mengalir.

"Kalau programnya hanya bagaikan air yang mengalir saja maka untuk apa kepsek itu sarjana,"
"Kepsek harus berusaha membuat dan merangkai program yang mendukung suasana bahagia di sekolah, terutama dalam kegiatan belajar," tutupnya.


Sumber>>>https://palembang.tribunnews.com/2020/02/17/kadisdik-sumsel-ajak-kepsek-dan-guru-terapkan-metode-4g-dalam-memajukan-sekolah?page=2.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.