Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Guru Bisa Nikmati 50% Dana BOS, Ini Syaratnya...


Guru Bisa Nikmati 50% Dana BOS, Ini Syaratnya...baturajaradio.com --Aturan penyaluran dan penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah diubah. Jadi lebih fleksibel dan transparan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan melalui kebijakan Merdeka Belajar episode ketiga, penggunaan dana BOS dibuat fleksibel. Salah satunya sebagai adalah meningkatan kesejahteraan guru-guru honorer.
"Penggunaan BOS sekarang lebih fleksibel untuk kebutuhan sekolah. Melalui kolaborasi dengan Kemenkeu dan Kemendagri, kebijakan ini ditujukan sebagai langkah pertama untuk meningkatan kesejahteraan guru-guru honorer dan juga untuk tenaga kependidikan. Porsinya hingga 50 persen," kata Nadiem di Jakarta seperti diberitakan JPNN.com, Senin (10/2).

Dijelaskan Nadiem, setiap sekolah memiliki kondisi yang berbeda. Maka, kebutuhan di tiap sekolah juga berbeda-beda. Dengan perubahan kebijakan ini, pemerintah memberikan otonomi dan fleksibilitas penggunaan dana BOS.
Baca Juga:

Nadiem Makarim: 50 Persen Dana Bos untuk Gaji Guru Honorer

Menurut Nadiem, pembayaran gaji guru honorer dengan menggunakan dana BOS bisa dilakukan dengan persyaratan yaitu guru yang bersangkutan sudah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), belum memiliki sertifikasi pendidik, serta sudah tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebelum 31 Desember 2019.

Ini merupakan langkah pertama untuk memperbaiki kesejahteraan guru-guru honorer yang telah berdedikasi selama ini,” ujar Nadiem.

Kebijakan ini merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang berfokus pada meningkatkan fleksibilitas dan otonomi bagi para kepala sekolah untuk menggunakan dana BOS sesuai dengan kebutuhan sekolah yang berbeda-beda.

Namun, hal ini diikuti dengan pengetatan pelaporan penggunaan dana BOS agar menjadi lebih transparan dan akuntabel.




(http://www.rmolsumsel.com/read/2020/02/10/131645/Guru-Bisa-Nikmati-50-Dana-BOS,-Ini-Syaratnya...-)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.