Gubernur Ajak Warga Sumsel Input Data di SP2020



Gubernur Ajak Warga Sumsel Input Data di SP2020Baturajaradio.com --Dini hari Sabtu (15/2/2020), Gubernur H Herman Deru didampingi Kepala Badan Pusat (BPS) Sumsel Endang Tri Wahyuningsih melakukan pengisian Sensus Penduduk (SP) Online 2020 di Hall C, Griya Agung. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit saja, pengisian SP Online sukses dilakukan orang nomor satu di Sumsel tersebut.

Usai mengisi SP Online, Gubernur HD mengungkapkan harapannya agar pelaksanaan hajatan besar ini di lapangan dapat selesai cepat dan tepat waktu. Oleh ikarena tu Ia meminta semua pihak berperan menyukseskan SP Online ini semaksimal dan seakurat mungkin.

" Saya himbau semua pejabat sampai tingkat RT, dapat mengajak warga mencatatkan dirinya dalam SP ini. Dan paling yang terpenting adalah memberikan data sejujur mungkin. Payo rame-rame kito sukseske isi SP Online ini di Sumsel" tuturnya

Menurutnya kesuksesan SP online ini penting bagi berbagai jenjang pemerintahan karena data ini akan menjadi pijakan pemerintah untuk melanjutkan pembangunan. Karena itu kesuksesan SP Online ini menjadi tanggungjawab bersama bukan hanya ditumpukan pada BPS saja.

Dalam menjalankan tugasnya ini HD juga berharap BPS tidak mudah lelah dan menyerah di lapangan. Apalagi mengingat topografi daerah Sumsel yang sangat luas tentu akan menguras tenaga dan biaya.

" Semoga BPS tidak lelah dan sasaran 27% tercapai. Saya ingin petugas yang turun juga benar-benar bisa memandu masyarakat. Dan warg bukan hanya membuka pintu tapi juga membuka diri dengan data yang sebenarnya" ujarnya.

Begitu juga kepada bupati dan walikota se Sumsel HD menghimbau untuk segera ikut mencanangkan pengisian SP Online, dan meminta mereka melibatkan tokoh masyarakat setempat. Kepada Dinas terkait utamanya Diskominfo pun dimintanya ak5if mensosialisasikan hal ini.

" Biaya ini tidak sedikit jangan sampai sia-sia. Diskominfo harus breakdown itu ke diskominfo kab/kota. Sosialisasikan ini melalui radio-radio dan televisi lokal kita," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Sumsel Endang Tri mengatakan sebenarnya SP Online ini sudah berjalan secara resmi teehitung pukul 00.00 wib tadi malam. Karena itu untuk memotivasi masyarakat agar segera memanfaatkan waktu yang tersedia secepatnya mereka meminta Gubernur Sumsel untuk mengisi SP Online inu pagi-pagi sekali.

" Ini adalah pencanangan Sensus Penduduk tanda dimulainya SP Online di Sumsel. Mudah-mudahan Bapak Gubernur Herman Deru isikan online ini bisa motivasi kota semua. Dan semoga ini dapat kami teruskan ke OPD-OPD dan masyarakat," jelas Endang.

Menurut Endang pihaknya sudah berkoordinasi dengan Camat dan Lurah agar pengisian ini lancar mulai 15 Februari hingga 31 Maret mendatang. " Bagi yang belum SP Online sampai 31 Maret akan kita datangi melalui SP wawancara pada 1-31 Juli secara door to door.," tambahnya.

Sama seperti masyarakat umum lainnya, pengisian SP Online pada Gubernur ini pihaknya juga akan mengajukan 22 pertanyaan. Sebagai pendampingan BPS kata Dia menyediakan call center.

Adapun kelebihan dari SP Online ini adalah cepat mudah dan dapat dilakukan dimana saja. " Sasaran kota ada 9 kabupaten kota denga persentase 27 persen," ujarnya.

Untuk mengisi SP Online ini masyarakat bisa mengisi kuisioner SP online secara mandiri dengan mengakses sensus.bps.go.id, kemudian menjawab semua pertanyaan dalam kuesioner SP 2020 dengan benar dan jujur.


(http://www.rmolsumsel.com/read/2020/02/15/131864/Gubernur-Ajak-Warga-Sumsel-Input-Data-di-SP2020-)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.