Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Resep Es Gabus Pelangi Santan Susu (Es Kue Hun Kwee)




resep es gabus pelangi
Baturaja Radio.com - Resep Es Gabus Pelangi – Bagi Anda yang termasuk generasi tahun 90-an, pasti kenal betul dengan yang namanya jajanan es gabus ini. Yup, kreasi es kue hun kwee ini paling banyak dijajakan para pedagang kaki lima di depan sekolah.
Dulu, es gabus yang punya julukan es wadai / es roti dan es kue ini dijual dengan harga sekitar Rp 100-500 per potongnya. Memiliki tekstur yang lembut, halus, dan terasa agak sedikit kenyal saat digigit membuat es krim tradisional ini disebut es gabus karena teksturnya mirip dengan gabus busa. Rasanya enak, manis dan juga sangat menyegarkan apalagi kalau dikonsumsi saat cuaca panas dan terik.
Selain teksturnya yang unik, warna-warni pelangi pada es gabus juga yang membuat menarik perhatian anak-anak kecil jaman dulu. Dulu es gabus dijual dengan 2 jenis, yaitu es gabus bentuk potongan dan satunya lagi es gabus bentuk mangkuk.
Karena perkembangnya jaman, kini resep es gabus dapat dikreasikan dengan bentuk yang lebih lucu lagi. Seperti bentuk segitiga, bentuk semangka, es mambo gabus, es gabus dari roti tawar, es lilin gabus dan juga bentuk es krim stick gabus yang bermacam-macam bentuknya.
Cara membuat resep es gabus tentu saja cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Untuk bahan resep es gabus ini hampir sama dengan es krim pada umumnya. Namun jika es krim menggunakan tepung maizena untuk pelembut, berbeda dengan es gabus yang menggunakan tepung Hunkwe. Tepung hunkwe lah yang membuat es gabus mirip dengan kue.
Hanya saja Anda harus sabar, jika ingin membuat resep es gabus pelangi atau yang sering disebut resep es gabus rainbow. Karena Anda harus menunggu adonan bewarna 1 sedikit keras, baru tambahkan adonan berwarna lainnya diatasnya, dan terus lakukan seperti itu sampai membentuk layer-layer es gabus berwarna-warni yang lezat.
Saat ini sudah sedikit sulit menemukan pedagang yang menjual es gabus. Tapi tidak perlu kawatir, karena untuk membuat resep es gabus pelangi santan atau resep es gabus pelangi susu sangatlah mudah dan semua orang bisa buat sendiri di rumah.
Langsung saja disimak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Es Gabus Santan Susu seperti berikut ini.

Bahan-bahan Es Gabus Pelangi :

  • Tepung hun kwee 150 gram
  • Santan atau Susu cair UHT 750 mili liter (Kalau saya menggunakan santan 400ml, susu cair 350ml)
  • Gula pasir 200 gram
  • Sedikit garam
  • Pewarna makanan warna merah atau rose, coklat, hijau, kuning dll sesuai selera (Kalau mau setiap layer memiliki rasa berbeda, bisa pakai pasta aneka rasa seperti pasta strawberry, melon, nanas, anggur dll)

Langkah Memasak Resep Es Gabus Pelangi :

  1. Campur tepung hunkwee, gula pasir, garam dan santan. Aduk rata.
  2. Selanjutnya bagi adonan menjadi 3 bagian, beri warna atau pasta masing-masing (rose/ merah, kuning dan hijau).
  3. Masak 1 bagian (merah) dengan menggunakan api kecil, sambil diaduk-aduk sampai meletup-letup. Lalu matikan api ketika adonan sudah mengental, berat saat daduk namun masih bisa dituang.
  4. Tuang adonan merah kedalam loyang yang sudah dialasi plastik tebal. Ratakan lalu sisihkan.
  5. Sementara menunggu lapisan merah dingin, masak adonan berikutnya (kuning) sampai meletup-letup. Lalu tuang adonan kuning di atas adoanan merah.
  6. Begitu juga dengan adonan selanjutnya (hijau). Biarkan adonan padat di suhu ruang selama kurang lebih 30 menit.
  7. Kemudian simpan di dalam kulkas (Buka freezer) kurang lebih selama 15 menit, supaya mudah dipotong.
  8. Potong lapis pelangi, kemudian bungkus dengan plastik, lalu simpan di dalam frezer sampai membeku.
  9. Dan es gabus pun siap untuk disajikan selagi dingin, dengan tambahan susu kental manis coklat jika suka. Mantap!

Tips Membuat Resep Es Gabus Pelangi :

  1. Santan bisa diganti dengan susu segar.
  2. Penambahan rasa bisa menggunakan buah segar seperti blueberry, strawbeery atau bisa juga diganti selai.
  3. Jangan lupa adonan harus selalu diaduk sampai mengental dan bening menggunakan api kecil agar adonan tidak menggumpal.
Tepung Hun Kwee adalah pati kacang hijau, yang memiliki warna putih dan biasanya kemasannya dari kertas berbentuk silinder, berat 150 garam per kemasan. Dan memiliki khas aroma, rasa dan tekstur yang beda dari tepung-tepung lainnya.
Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Es Gabus Pelangi untuk jualan atau dikonsumsi sendiri. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.