Manfaat dan Khasiat Sayur Nangka Muda untuk Kesehatan

Baturaja Radio.COM – Nangka Muda adalah sebutan untuk jenis sayuran buah nangka yang masih muda. Kalau orang Jawa menyebutnya “Ketewel”. Anda tentu saja sudah tidak asing dengan sayur ini. Bahkan ada salah satu olahan nangka muda yang amat terkenal. Namanya Gudeg, suatu makanan khas dari Yogyakarta. Apakah anda sudah pernah makan Gudeg? Bagaimana rasanya? Enak?
Memang dari keseluruhan struktur buah nangka, rasanya yang tidak bisa dimakan hanya kulitnya saja. Kalau daging dan buahnya bisa. Bahkan bijinya pun tetap memiliki manfaat bila mampu diolah. Biji nangka biasanya bisa direbus dan dimakan rasanya sangat enak. Orang Jawa menamakan biji nangka sebagai “Beton”. Apakah anda sudah pernah makan Beton alias Biji Nangka Muda? Rasanya enak sekali ya… pulen dan legit gitu.
Manfaat sayur Nangka Muda untuk kesehatan memang ada banyak sekali. Kami akan mengurainkannya di artikel ini secara perlahan. Nangka ini bisa diandalkan untuk penyembuhan penyakit. Contohnya dalam penyembuhan kolesterol dan hipertensi. Karena nyatanya sayur ini amat baik dalam membersihkan pembuluh darah arteri yang kerap tersumbat oleh plak lemak, hingga menyebabkan 2 penyakit itu. Nah, untuk lebih detailnya mengenai manfaat sayur ketewel alias nangka muda, silahkan simak saja langsung penjelasannya di bawah ini:

1. Mengatur Suhu Tubuh

Makan sayur nangka muda ternyata bisa mengatur suhu tubuh kita agar selalu stabil. Tidak rendah dan juga tidak tinggi. Dengan mengonsumsi sayur ketewel ini, anda tidak mudah mengalami demam dan cukup kuat resistensinya dalam menghadapi perubahan cuaca yang memang sedang ekstrim.

2. Menambah Massa Otot

Kadar protein yang tinggi pada nangka muda akan membuat anda mengalami penambahan massa otot. Selain itu, anda juga bakal memiliki tubuh yang fit dan sehat selalu. Kuat serta enerjik karena protein ini pun menunjang perkembangan sel tubuh.

3. Membuat Badan Jadi Fit

Jika ingin memiliki badan yang fit maka satu-satunya cara adalah dengan banyak makan makanan bergizi dan olahraga yang teratur. Salah satu makanan yang amat baik untuk dikonsumsi adalah sayur nangka muda. Sebab sayur ini memang melimpah kandungan vitamin dan mineralnya.

4. Menurunkan Kolesterol


Kolsterol dapat diturunkan dengan banyak makan makanan yang mengandung lemak HDL. Sebab lemak ini memiliki fungsi untuk melawan dan meluruhkan lemak jahat LDL. Manfaat sayur nangka muda adalah sebagai sumber dari lemak HDL. Kandungan lemak HDL alias lemak baiknya sungguh amat melimpah.

5. Mengatur Jumlah Trigliserida

Kandungan trigliserida yang terlampau tinggi akan membuat seseorang jadi mudah mengalami sakit-sakitan dan lemas. Kandungan gula darah juga semakin meningkat di dalam tubuh. Maka segera saja stabilkan trigliserida anda dengan mengonsumsi nangka muda.

6. Membuat Otak Jadi Mudah Berpikir

Nangka muda memiliki fungsi sebagai stimulus otak yang akan merangsang otak agar mampu berpikir dengan jernih. Dengan memakan sayuran ini, anda akan memiliki tubuh yang senantiasa fit dan mudah berpikir jadinya.

7. Mengatasi Gangguan Lambung

Sayur nangka muda juga ampuh untuk mengatasi gangguan lambung. Bila anda sedang nyeri karena maag, coba saja makan sayur nangka muda ini yang dimasak lodeh. Jangan lupa makannya bersama dengan nasi putih. Supaya usus anda lebih sehat.

8. Menghilangkan Nyeri

Manfaat nangka muda pun bisa menghilangkan nyeri.

9. Mengobati Mual


Selain itu juga bisa mengobati mual-mual saat masuk angin. Memang kandungan gizinya yang baik dalam rangka menjaga kesehatan organ dalam, agar tak mudah terserang angina pectoris yang biasanya bikin orang mudah masuk angin.

10. Meringankan Radang

Khasiat nangka muda pun bisa meringankan radang karena efeknya memang bisa menjadi anti inflamasi.

Seperti itulah seluruh uraian manfaat sayur nangka muda untuk kesehatan. Semoga saja artikel di atas berguna untuk anda dan dapat menambah wawasan anda di bidang kandungan gizi sayuran. Mudah-mudahan anda menjadi sehat selalu. Silahkan simak lagi beberapa manfaat lain dari sayur yang terkenal menjadi olahan gudeg ini.(https://www.blogger.com/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.