Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Buah Duku Jadi Maskot Pilkada OKU 2020, Karya Kartunis Asal Kota Semarang, Ini Nilai Filosofisnya,

Buah Duku Jadi Maskot Pilkada OKU 2020, Karya Kartunis Asal Kota Semarang, Ini Nilai Filosofisnya,baturajaradio.com - Buah Duku, buah khas dari daerah Ogan Komering Ulu yang berjuluk Sebimbing Sekundang ini resmi menjadi Maskot Pilkada OKU tahun 2020.

Demikian disampaikan Ketua KPU OKU Naning Wijaya ST yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa  (17/12/2019).

MenurutnyaBuah Duku Menjadi Maskot Pilkada OKU 2020 memiliki filosofis. Kata “DUKU” adalah singkatan dari Demokrasi untuk OKU.  

Maskot Pilkada (pemilihan bupati dan wakil bupati) OKU tahun 2020 kini sudah resmi memiliki maskot. Buah Duku merupakan buah khas musiman di Kabupaten OKU yang sduah familiar dan terkenal di nusantara.

Di kesempatan itu Naning menjelaskan, Maksot Buah Duku ini merupakan hasil karya kartunis asal Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah atas nama  Ikhsan Dwiono berhasil memenangkan sayembara cipta maskot Pilkada OKU Tahun 2020.

Kepastian pemenang sayembara Maskot Pilkada OKU setelah Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu menerbitkan Pengumuman Nomor : 617/PP.01.2-PU/1601/Sek-Kab/ XII/2019 tentang Pemenang Sayembara Cipta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu Tahun 2020.

Pemenang Lomba dengan Karya “DUKU” (Demokrasi OKU) ini berhasil mencuri Perhatian dewan juri.

Ketua KPU OKU Naning Wijaya ST menjelaskan, sayembara Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU  2020 diikuti oleh 19 peserta baik dari lokal, maupun peserta yang datang dari sejumlah kota di tanah air.

Maskot “DUKU” ini memang menarik dengan mengambil tema DUKU yang merupakan tanaman primadona asal Kabupaten OKU yang terkenal seluruh pelosok negeri.

Buah dengan nama latin  Lansium domesticum Corr memang membuat nama Kabupaten OKU lebih terkenal.

Hebatnya kartunis Asal Semarang ini nampaknya sudah  tahu  betul  mengaitkan  buah khas OKU  dengan karya yang akan dilukisnya.

Dilihat dari hasil karya Ikhsan Dwiono memang pantas menjadi pemenang sayembara maskot pilkada OKU.

Karyanya nyaris sempurna dengan menggunakan pakaian khas motif batik khas OKU, memakai tanjak senada dengan kain dan setangkai buah duku yang menyempurnakan hasil karya, tangan kanan memegang paku dengan jari kelingking yang sudah dicap tinta layaknya pemilih yang sudah menyalurkan hak pilihnya di TPS (tempat pemungutan suara).

Di tangan kiri tertulis tanggal pemilihan lengkap dengan kotak suara bertuliskan KPU Kabupaten OKU. (eni)

(https://palembang.tribunnews.com/2019/12/17/buah-duku-jadi-maskot-pilkada-oku-2020-karya-kartunis-asal-kota-semarang-ini-nilai-filosofisnya)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.