Baru Pertama Didatangi Bupati, Saking Bangganya Mata Kades Berair

Baru Pertama Didatangi Bupati, Saking Bangganya Mata Kades Berair

baturajaradio.com -Pemerintah Desa (Pemdes) Seleman Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mewakili warganya, menyatakan rasa bangganya atas kehadiran orang nomor satu di Bumi Sebimbing Sekundang di desa mereka.
Betapa tidak. Sejak gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2010 lalu hingga sekarang, desa ini belum pernah dikunjungi Bupati. Terkhusus pada acara yang sifatnya seremonial.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Desa (Kades) Seleman, Arafik Mahdum, pada acara peresmian Gedung Serbaguna sekaligus acara sedekah Desa Seleman, Kamis (26/12).

"Terus terang, semenjak gelaran Pilkada langsung ini, Desa kami belum pernah dikunjungi Bupati. Jadi, ini merupakan kebanggaan bagi kami. Saking bangganya, mata saya berair ini Pak Bupati," ujar Arafik blak-blakan.

Bicara soal gedung serbaguna, ungkap Kades, bahwa gedung tersebut mereka bangun dengan menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018. Sebesar Rp560 juta.

"Dengan anggaran Rp560 juta, Alhamdulillah dapat bangun gedung semegah ini bagi kami," imbuh dia.

Sedangkan sedekah desa, dananya berasal dari Dana Konstribusi Desa PT Minanga Ogan tahun 2018.

Di hadapan Bupati di kesempatan itu, Kades juga menyampaikan beberapa aspirasi lain masyarakat desanya. Salah satunya mengenai belum teralirinya listrik di dusun 6.

"Ini amanah dusun 6. Mohon di kesempatan ini, kami minta Pemda dapat mendorong teralirinya listrik di dusun 6 itu," pintanya.

Sementara itu, Bupati OKU H. Kuryana Azis yang hadir langsung pada acara tersebut, juga blak-blakan menjawab pernyataan dari Kades perihal desanya yang belum pernah dikunjungi Bupati pasca Pilkada beberapa periode lalu hingga sekarang ini.

"Bukannya ada unsur kesengajaan. Tapi karena memang belum ada acara di desa ini. Kalaupun ada, tidak ada undangannya. Jadi bukan suatu bentuk permusuhan," seloroh dia disambut tepuk tangan hadirin.

Ia pun mengajak segenap yang hadir untuk melupakan masa-masa lalu. Dan mengajak masyarakat bersama-sama membangun OKU kedepan.

Diketahui, bahwa masyarakat Desa Seleman dan Bupati OKU H Kuryana Azis sendiri mempunyai cerita tersendiri mengenai perbedaan arah dukungan politik Pilkada. Baik di tahun 2010 maupun di 2015 lalu.

Pada tahun 2010 lalu itu, Kuryana Azis maju sebagai Wakil Bupati mendampingi H. Yulius Nawawi yang mengusung jargon BERSYUKUR.

Sedangkan salah satu tokoh terkemuka masyarakat Desa Seleman yakni Alm H.M. Nasir Agun, yang waktu itu menjabat Ketua DPRD OKU, maju sebagai Calon Bupati berpasangan dengan mantan Camat Lubuk Raja Priyatno Darmadi, dengan jargon NATO. Nah, Pilkada kala itu dimenangkan pasangan BERSYUKUR.

Pertarungan itu kembali berlanjut di Pilkada 2015. H. Kuryana Azis maju lagi sebagai Calon Bupati berpasangan dengan Johan Anuar. Sedangkan alm H. M. Nasir Agun maju sebagai Calon Wakil Bupati mendampingi putri sulung Gubernur Sumsel sekarang, yakni Hj Percha Leanpuri. Dan Pilkada 2015 itupun kembali dimenangkan H. Kuryana Azis.

"Saya tidak kesini karena waktu itu alm Kakanda Nasir Agun, nyalon. Tapi, kan Tuhan belum berkehendak. Dan terakhir nyalon lagi (Cawabup), dan masih belum juga. Itu tuh pasangannya," cerita Kuryana sembari menunjuk Priyatno Darmadi.

Sekali lagi, Kuryana menegaskan bahwa kehadirannya di Desa Seleman pada acara peresmian gedung serbaguna, itu bukan lantaran ketiadaan H.M Nasir Agun. Melainkan memang karena kewajibannya sebagai Bupati.

Di akhir acara, Bupati didampingi Kades unsur Muspika Semidang Aji dan pejabat terkait lainnya, melakukan pemukulan gong dan penandatanganan prasasti tanda diresmikannya penggunaan gedung serbaguna itu.

Tak ketinggalan, di awal acara Bupati sempat memimpin pembacaan al-fatihah khusus untuk alm H. Mahdum yang tanahnya dihibahkan untuk gedung serbaguna itu. Dan untuk arwah alm H.M Nasir Agun.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.