10 manfaat telur puyuh

 10 Manfaat Telur Puyuh Bagi Kesehatan Tubuh
baturajaradio.com -Siapa nih yang suka dengan telur puyuh? Telur yang berasal dari burung puyuh ini memiliki bentuk sangat kecil jika dibanding dengan telur ayam biasa.

Puyuh merupakan salah jenis burung berukuran sedang yang kerap ditemukan di kawasan Eropa, selatan Amerika Serikat, Afrika Utara serta beberapa bagian Asia. Selain kecil, telur puyuh memiliki warna putih atau cokelat dengan bintik cokelat gelap.



Di Indonesia, telur puyuh sangat mudah untuk ditemukan. Pusat perbelanjaan seperti swalayan ataupun pasar tradisional, semuanya kerap menjual jenis telur yang satu ini.
Penikmatnya juga tergolong sangat banyak. Bagaimana tidak? Telur puyuh sering dijajakan di sekolah-sekolah hingga tempat makan.

Meskipun, tergolong sebagai makanan tinggi kolesterol namun telur puyuh juga kaya akan nutrisi sehat.

Tidak heran bila telur puyuh bisa dijadikan pengganti yang tepat bagi kalian pemilik alergi telur ayam. Ingin tahu manfaat telur puyuh bagi kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini.:
1. Mengatasi Sakit Perut
Telur puyuh telah dikenal sebagai salah satu obat rumahan yang kerap diandalkan untuk mengobati beberapa penyakit.
Mulai dari gastritis, tukak lambung ulkus duodenum dan masih banyak lainnya. Sebab, telur puyuh memiliki senyawa antioksidan serta basa yang tinggi.
Jika dikonsumsi secara teratur, telur puyuh ini mampu menjaga masalah pencernaan dan mampu mengendalikan sistem percernaan agar tetap stabil.

2.Mengatasi Alergi dan Peradangan


Keistimewaan dari telur puyuh ini yaitu memiliki kandungan ovomucoid di dalamnya. Ovomucoid merupakan salah satu jenis protein yang berfungsi untuk menghambat reaksi alergi pada tubuh seseorang.

Karena keistimewaan tersebut, protein ini kerap dijadikan sebagai bahan dasar obat anti alergi.
Selain alergi, telur puyuh juga bisa mengatasi peradangan serta kongesti pada seseorang.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi, membuat telur puyuh mampu membantu mencegah beberapa penyakit masuk ke dalam tubuh.
Secara signifikan, telur puyuh mampu membantu mencegah munculnya beberapa penyakit kronis. Tidak hanya itu saja, telur puyuh juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4.    Manfaat Telur Puyuh: Memperlambat Gejala Penuaan


Ini beneran? Iya Sahabat Dream. Percaya atau tidak, telur puyuh dapat membantu memperlambat gejala penuaan terutama pada organ di dalam tubuh.

Kaya akan antioksidan, selenium, asam lemak vital serta vitamin membuat telur puyuh dijadikan sebagai agen anti-penuaan yang sangat sempurna.
Tenang saja, tidak hanya organ dalam tubuh saja, manfaat tersebut juga bisa dirasakan langsung oleh kulit baik wajah maupun tubuh. Namun tetap, untuk mendapatkan hasil maksimal kalian harus mengonsumsinya secara teratur setiap harinya.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Perlu untuk diketahui, telur puyuh memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi. Salah satu jenis mineral ini diketahui mampu membantu meredakan ketegangan yang terjadi di arteri ataupun pembuluh darah.
Dengan fakta tersebut, telur puyuh mampu secara signifikan dapat menjaga tekanan darah tetap stabil terkendali.

6.  Meningkatkan Kesehatan Jantung


High Density Lipoprotein (HDL) membentuk setidaknya lebih dari 60% lemak di dalam telur puyuh. Asam lemak tersebut secara signifikan membantu meningkatkan kesehatan jantung menjadi lebih baik.

Kendati sangat baik bagi jantung, telur puyuh mampu bisa sangat berbahaya bagi penderita kolesterol. Sebab kolesterol di dalam telur puyuh sangat tinggi, sehingga bagi kalian yang tengah memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya hindari mengonsumsi telur puyuh secara berlebih.

7. Meningkatan Kadar Hemoglobin

Tahukah kalian? Telur puyuh memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui pula, zat besi merupakan salah satu jenis kandungan yang memiliki peranan penting dalam mengatasi anemia.
Anemia merupakan suatu kondisi dimana kadar sel darah merah lebih rendah dari jumlah normalnya atau tidak mengandung hemoglobin yang cukup. Dengan mengonsumsi secara teratur, telur puyuh akan meningkatkan kadar hemoglobin kalian.

8.   Meningkatkan Metabolisme


Telur puyuh diketahui mengandung vitamin B yang sangat tinggi. Kandungan tersebut sanagt efektif dalam meningkatkan aktivitas di sistem metabolisme seseorang.

Tidak hanya di bagian tertentu saja, namun semua metabolisme di seluruh tubuh. Vitamin B juga mampu meningkatkan fungsi enzimatik serta hormone kalian.

9. Meningkatkan Sistem Imun

Tidak hanya meningkatkan metabolisme, telur puyuh juga mampu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh seseorang. Kandungan yang terdapat di dalam telur puyuh secara efektif membantu membersihkan racun serta logam berat yang menyatu dengan darah.
Tidak hanya itu saja, telur puyuh juga mampu meningkatkan aktivitas otak serta daya ingat seseorang.

10. Meningkatkan Penglihatan


Beberapa vitamin memang terkandung di dalam telur puyuh khususnya vitamin A. Seperti yang diketahui, vitamin A sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan serta menjaga penglihatan seseorang tetap sehat.

Menariknya juga, dengan mengonsumsi telur puyuh nantinya akan mengurangi risiko degenerasi makula dan mencegah perkembangan katarak pada mata kalian.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.