Banner

Banner
Kapolres OKU

Petugas DLH Padamkan Kebakaran Lahan di Tahura Paser Kaltim

Petugas DLH Padamkan Kebakaran Lahan di Tahura Paser Kaltimbaturajaradio.com - Petugas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) memadamkan kebakaran lahan di sekitar kawasan taman hutan rakyat (tahura) Lati Petangis. Luas lahan terbakar seluas 3,5 hektare di Desa Saing Prupuk.
Kabid Pengelolaan Tahura DLH Paser, Kaltim, Teguh Haryanto mengatakan kebakaran terjadi di lahan milik warga yang berdekatan dengan kawasan tahura.
"Beruntung api bisa dipadamkan petugas, jika tidak bisa merembet ke kawasan tahura," kata Teguh dikutip Antara, Senin (2/9/2019).
Saat ini DLH menyiagakan enam personel yang berjaga setiap hari guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan tahura Lati Petangis.
Menurut Teguh, jumlah personel yang ada kurang untuk mengantisipasi kebakaran dengan luas tahura sekitar 3.400 hektare.
Menurut Kasi Perlindungan, Pengawetan dan Pemanfaatan Tahura DLH Paser Syarifuddin, Tahura sudah memiliki peralatan yang memadai untuk dibentuk satu brigade.

Peralatan tersebut yakni mobil pemadam jeef 2 unit, mobil pemadam truck 2 unit, mobil water suplay truck 1 unit, satu buah motor, pompa punggung (genpo), pompa jinjing (waterex) dan peralatan karhutla lainnya, Tahura Paser dinilai layak dibentuk satu brigade karhutla.

"Brigade akan fokus menangani kebakaran hutan di kawasan Tahura dan juga bisa diberdayakan membantu jika ada kebakaran di tempat lain," ujar Syarifuddin.
(https://news.detik.com/berita/d-4690997/petugas-dlh-padamkan-kebakaran-lahan-di-tahura-paser-kaltim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.