Kabut Asap Kian Pekat BPBD Kerahkan Lima Heli Waterboombing

Kabut Asap Kian Pekat BPBD Kerahkan Lima Heli Waterboombingbaturajaradio.com - Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori mengungkapkan, saat ini sebanyak lima helikopter Waterboombing dikerahkan untuk melakukan pembasahan di dua daerah penyumbang utama asap masuk ke Kota Palembang, yakni Ogan Komering Ilir dan Banyuasin.

"Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan daerah Banyuasin di Rambutan menjadi sumber kabut asap. Apalagi sekarang arah angin ke Palembang, ini kita waspadai," tegas Ansori, Kamis (19/9/2019)

Hari ini 5 unit heli water bombing yang beroperasi untuk pemadaman. Seluruh heli beroperasi untuk pemadaman agar bisa maksimal. Adapun kelima heli yang beroperasi yaitu heli RA2583, Kamov UR CO, RDPL 34230, RDPL 34140 dan Heli RDPL 34250. Tidak hanya itu saja, ada pula 2 unit heli patroli udara yakni, Heli AS350B3E PK DAM dan Cessna Grand Caravan PK SNN.

"Selain heli itu ada juga 2 heli lain, tetapi saat ini masih maintenance, Mi8 UP815 dan RA 22747. Ini juga nanti kalau udah selesai maintenence kita maksimalkan," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru mengakui puncak pekatnya kabut asap memang terjadi pada hari ini, terlebih di Kabupaten OKI jumlah titik api bertambah mencapai 145 titik

"Puncaknya hari ini, makanya kita tinjau langsung seperti apa kondisinya. Ternyata kalian lihat titik yang sudah dipadamkan saja sisa bara pembakaran masih muncul lagi," ujarnya

Meski demikian, menurutnya belum perlu disediakan fasilitas berupa safe house bagi masyarkat, lantaran kondisi kualitas udara masih fluktuatif. "ISPU itu diambil harusnya rata-rata jangan ISPU data konsentrasi, ibarat tungku jangan diambil disekitar tungkunya. Hari ini nilai ISPU kita 147 dikategori sedang," tegasnya.(cr26)



(https://palembang.tribunnews.com/2019/09/19/kabut-asap-kian-pekat-bpbd-kerahkan-lima-heli-waterboombing)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.