Inilah 4 Tips Mengolah Makanan Bayi yang Sehat dan Aman


Foto: iStockbaturajaradio.com - Dalam memberikan makanan untuk si kecil ada hal yang perlu diperhatikan. Selain jenis makanan, cara penyajianpun harus higienis dan juga aman.

Saat hendak menyajikan makanan untuk si kecil ada dua hal yang penting dalam mengolah makanan untuk bayi. Salah satunya adalah keamanan makanan dan juga keutuhan zat gizi.

Sehingga diperlukannya beberapa hal yang harus diperhatikan agar si kecil mendapatkan asupan penting dan bernutrisi.


1. Jenis makanan


Makanan yang diberikan pada si kecil harus memenuhi kaidah gizi seimbang. Makanan hendaknya berasal dari karbohidrat (tepung, beras, umbi), protein seperti (daging, ayam, telur, susu, tempe, tahu, kacang) dan juga sayur serta buah.


Sedangkan saat memperkenalkan makanan pada si kecil sebaiknya minimalisir penambahan gula dan juga garam.

2. Kebersihan alat dan bahan


Saat menyiapkan makanan sebaiknya bersihkan area pengolahan dan juga alat. Selain itu, sayur dan buah juga dicuci dengan air bersih yang mengalir dan dimasak dalam air secukupnya atau dikukus hingga empuk.


3. Haluskan makanan


Tekstur makanan perlu disesuaikan dengan kemampuan anak. Saat si kecil baru mulai belajar makan sebaiknya buat makanan halus dengan menggunakan blender, alat penggiling atau garpu.


4. Penyimpanan makanan


Bila makanan tidak langsung dikonsumsi, sebaiknya bungkus makanan dalam porsi perorangan. Jangan lupa simpan dalam lemari pendingin atau freezer.

Makanan yang telah dibekukan perlu dicairkan dengan memindahkannya ke lemari pendingin (chiller), kemudian dihangatkan. 


Sumber>>(https://food.detik.com/makanan-dan-gizi-anak/d-3274391/inilah-4-tips-mengolah-makanan-bayi-yang-sehat-dan-aman)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.