Arkeolog Sumsel Angkat Bicara Soal Koleksi Senjata Kerajaan Sriwijaya:Hanya barang antik saja

Arkeolog Sumsel Angkat Bicara Soal Koleksi Senjata Kerajaan Sriwijaya:Hanya barang antik sajabaturajaradio.com - Arkelog Sumsel Angkat Bicara Soal Koleksi Senjata Kerajaan Sriwijaya:Barang barang tadi hanya barang antik saja, bukan peninggalan sejarah yang bisa menunjukkan sejarah tentang kerajaan besar di Sumsel tersebut.

Hal diungkapkan oleh Arkelog dari Balai Arkegologi (Balar) Sumatera Selatan, Retno Purwati. Ia buka suara terkait adanya ratusan koleksi senjata kerajaan Sriwijaya.

Menurut dia, dari beberapa benda yang dipamerkan yang diduga berupa relief Retno mengungkapkan bahwa benda tersebut dari bentuknya, jelas itu bukan relief atau arca dari masa Sriwijaya.

Dari atribut dan sikap tangannya juga tidak dikenal pada penggambaran relief atau arca arca yang berasal dari masa masa Indonesia kuno dan itu bukan gaya seni arca arca dari masa Indonesia kuno.

"Menurut saya barang barang tadi hanya barang antik saja," kata Retno, Minggu (29/9/2019) saat dihubungi.
Retno mengatakan, karena ambil gambarnya dari depan, dirinya tidak bisa memastikan apakah itu reliaf atau arca.

Menurut dia, relief dua dimensi sedangkan kalau arca tiga dimensi.
Ia juga mengomentari terkait senjata Kerajaan Sriwijaya, kata Retno senjata senjata jaman Sriwijaya tidak seperti itu bentuknya.

" Ada yang mau tapi tidak bisa digunakan untuk memotong, sepeti khadga ," kata dia.
Retno mengatakan, barang barang menyerupai barang barang kuno biasa dibuat lagi di masa sekarang dan dijual di pasar bebas termasuk arca.



(https://palembang.tribunnews.com/2019/09/29/arkeolog-sumsel-angkat-bicara-soal-koleksi-senjata-kerajaan-sriwijayahanya-barang-antik-saja)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.