Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

8 Gempa Signifikan Terjadi di Subduksi Sunda, Ini Analisis BMKG


8 Gempa Signifikan Terjadi di Subduksi Sunda, Ini Analisis BMKGbaturajaradio.com - Sebanyak delapan gempa bumi signifikan terjadi di Busur Subduksi Sunda. Aktivitas gempa ini tersebar di Segmen Megathrust Mentawai-Siberut hingga Segmen Megathrust Sumba.

BMKG mendapat pertanyaan apakah rentetan aktivitas kegempaan ini merupakan gempa pendahuluan (foreshock) untuk gempa yang lebih besar. Apa kata BMKG?

"Tentu saja sangat sulit untuk menjawab pertanyaan semacam ini. Namun demikian, hasil monitoring BMKG memang menunjukkan adanya klaster yang mencolok terkait adanya peningkatan aktivitas seismik, yaitu: (1) zona selatan Bali dan Banyuwangi, (2) Zona Cilacap dan Pangandaran, dan (3) Selat Sunda," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, kepada wartawan, Senin (12/8/2019).



BMKG menyatakan akan terus memonitor aktivitas seismik yang terjadi khususnya di 3 zona tersebut dan segera menginformasikan hasilnya kepada masyarakat. Daryono mengatakan beberapa peristiwa gempa besar di dunia memang diawali gempa pendahuluan.

"Fakta ini dapat kita lihat sebelum peristiwa gempa Aceh 2004, Gempa Tohuku 2011, dan Gempa Chili 2014. Semua gempa besar ini didahului oleh serangkaian gempa pendahuluan," katanya.

Dia mengatakan gempa pendahuluan memiliki dua karakteristik. Karakteristik pertama adalah gempa pendahuluan biasanya terjadi di zona dengan nilai 'B-value' rendah artinya di zona itu masih menyimpan tegangan yang tinggi, yang berpotensi terjadi gempa besar.



"Kedua, di zona tersebut ada fenomena migrasi percepatan titik hiposenter yang semakin cepat menuju titik inisiasi lokasi estimasi gempa utama. Selain itu juga teridentifikasi adanya 'repeating earthquakes'. Cirinya gempa ini berulang-ulang dan terjadi di segmen tersebut. Secara sederhananya, ini menunjukkan ada sebuah proses yang semakin lama semakin intensif sebelum muncul gempa utamanya (mainshock) Aktivitas ini mirip kalau kita mau mematahkan kayu, perlahan-lahan ada retakan-retakan kecil sebelum benar-benar terpatahkan," kata dia.

Namun dia mengatakan fenomena ini belum dapat disimpulkan sebagai gempa pendahuluan. Daryono mengatakan data aktivitas gempa yang terjadi belum cukup untuk disimpulkan. BMKG akan terus memonitor dengan memfokuskan di zona-zona duga aktif tersebut dan akan terus mengamati polanya secara spasial dan temporal.



"Satu hal yang penting diingat bahwa tidak semua klaster aktif akan berujung kepada terjadinya gempa besar, meskipun setiap gempa besar selalu didahului oleh serangkaian aktivitas gempa pendahuluan," tuturnya.

Berikut rentetan aktivitas kegempaan di Busur Subduksi Sunda:

1. 2 Agustus 2019 Gempa Selatan Banten M 6,9
2. 3 Agustus 2019 Gempa Sukabumi M 4,4
3. 9 Agustus 2019 Gempa Sumba M 4,3
4. 10 Agustus 2019 Gempa Tasikmalaya dan Pangandaran M 4,0
5. 10 Agustus 2019 Gempa Tasikmalaya dan Pangandaran M 5,1
6. 11 Agustus 2019 Gempa Pariaman M 5,2
7. 11 Agustus 2019 Gempa Selatan Selat Sunda M 5,1.
8. 12 Agustus 2019 Gempa Selatan Bali dan Banyuwangi M 4,9


(https://news.detik.com/berita/d-4662997/8-gempa-signifikan-terjadi-di-subduksi-sunda) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.