Banner

Banner
Pemkab OKU

Mendikbud berpesan sekolah gelar kegiatan konstruktif pascaujian

Mendikbud berpesan sekolah gelar kegiatan konstruktif pascaujianbaturajaradio.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berpesan pihak sekolah untuk menggelar kegiatan kontsruktif atau pembinaan kepada para siswa usai menjalani ujian kelulusan.

Mendikbud Muhadjir Effendy di Makassar, Senin, mengatakan kegiatan yang sifatnya membina, membangun potensi siswa begitu penting untuk memberikan rekomendasi bagi siswa apakah untuk melangkah kemana usai lulus.

"Kegiatan konstruktif ini penting baik bagi siswa yang setelah lulus akan memilih kerja atau melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi," ujarnya.

Bagi yang rencana langsung terjun ke dunia kerja, kata dia, maka dengan kegiatan pelatihan akan membuat mereka paling tidak sudah lebih memahami sebelum pada akhirnya terjun menjadi pekerja.

Begitupun dengan lulusan yang ingin melanjutkan pendidikan, lanjut dia, maka dengan kegiatan ini bisa diketahui fakultas apa yang dianggap cocok dengan jiwa dan potensi dari setiap siswa tersebut.

Ia menjelaskan, tidak sedikit siswa yang kemudian mengambil keputusan setelah lulus SMA atau SMK, memilih jalan karena terpengaruh oleh teman-temannya atau dalam hal ini hanya ikut-ikutan.

Dan kondisi itu tentunya justru akan merugikan anak tersebut karena pada akhirnya akan kesulitan. Sebab kampus atau pendidikan yang dimasuki justru bertolak belakang dengan bakat yang dimiliki.

"Untuk itu diperlukan bimbingan karir, memberikan arahan bagus bagi anak untuk pilihan masa depan. Termasuk dengan mengarahkan ke perguruan tinggi yang cocok dengan bakat atau potensi anak," ujarnya.

"Jadi jangan sampai hanya ikut-ikutan teman atau gagah-gagahan," lanjut dia.

(https://www.antaranews.com/berita/818550/mendikbud-berpesan-sekolah-gelar-kegiatan-konstruktif-pascaujian)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.