Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Membuat Email di HP dan Laptop

Cara Membuat Emailbaturajaradio.com - Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa cara membuat email di hp ataupun laptop sangatlah mudah, baik itu di hp samsung, iphone, oppo, vivo, lenovo ataupun merek lainnya karena semuanya memiliki cara yang sama. Kita bisa memilih untuk menggunakan email gmail atau yahoo.

Sebelum mengetahui cara membuat email mari kita baca apa itu email?

Email merupakan layanan surat elektronik yang biasa digunakan untuk mengirim atau menerima pesan secara online (menggunakan koneksi internet), seperti halnya dengan kantor pos, email juga memiliki alamat yang berfungsi sebagai perantara baik dari penulis maupun penerima sehingga pesan bisa sampai ke tujuan dengan benar.

Email sendiri tidak hanya berguna untuk sarana pertukaran pesan, hampir semua kegiatan yang terdapat pada internet membutuhkan email, entah itu pendaftaran akun sosial media, berkomentar dalam blog, belanja online, semuanya membutuhkan email utamanya berfungsi saat proses registrasi/pendaftaran.

Terdapat banyak penyedia layanan email secara gratis misalnya gmail dan juga yahoo. Tapi untuk saat ini, gmail yang merupakan layanan email besutan raksasa teknologi Google masih menjadi yang terpopuler diantara penyedia layanan email yang lain. Disini kami akan menjelaskan keuntungan menggunakan akun email gmail.

Kelebihan dari akun gmail

1. Penyaringan Spam

Siapa sih yang tidak jengkel bila dibom pesan berantai alias spam? Pasti semua orang merasa geram dong. Apalagi sampai ada phising iklan dengan konten jorok seperti konten dewasa dan lainnya ataupun tindakan penyebaran virus dengan cara apapu yang akan merugikan korban. Sekedar iseng ataupun dengan tujuan tertentu, semuanya sama saja akan menggangu kenyamanan pengguna.

Sekarang ini, sebagian besar layanan email menawarkan semacam filtering. Gmail mencoba untuk terus berusaha menyaring adanya upaya spam, virus, dan phising iklan berantai yang terbilang cukup efektif dibanding penyedia email yang lain.

2. Merger dengan Google Hangouts

Desktop gmail yang menampilkan kontak hangouts di bagian sisi kiri bawah layar, yang berfungsi agar kita dapat mengetahui siapa saja pada kontak email kita yang menggunakan google hangouts.

Google hangouts memiliki kelebihan yakni dapat melakukan video call dengan banyak orang di waktu yang sama, jadi semacam video call secara grup artinya ada vicall yang diikuti tiga orang atau lebih dalam waktu yang bersamaan.

3. Akses offline

Kita dapat mengakses gmail secara offline pada komputer artinya gmail dapat kita akses walaupun sedang tidak terhubung dengan internet. Kita tinggal memasang ekstensi gmail offline chrome pada web browser (disini kami telah membuktikannya di google chrome, untuk browser yang lainnya bisa sobat coba sendiri).

4. Dapat login ke beberapa akun dalam waktu bersamaan

Google mengizinkan kita agar dapat login ke beberapa akun gmail dalam satu waktu secara bersamaan, sehingga kita tidak perlu membuka beberapa windows browser untuk membuka beberapa akun email gmail yang kita miliki.

5. Kapasitas penyimpanan yang cukup besar

Kapasitas penyimpanan email dari gmail ini cukup besar yaitu 15 GB (seperti google drive) dan di berikan secara Cuma alias free atau gratis. Namun, Jika menurut sobat masih kurang misalnya karena kebutuhan untuk bisnis yang membutuhkan penyimpanan yang cukup besar dengan banyaknya pesan dari customer, sobat juga dapat mengupgrade ke kapasitas 100 GB dengan hanya membayar $1,99 / bulan.

6. Dapat melihat lampiran secara langsung

Dengan fitur yang satu ini kita dapat melihat file tanpa harus keluar dari gmail. Kita bahkan dapat menyimpan lampiran email tersebut secara langsung ke Google Drive untuk mengatur dan membagikannya ke satu tempat yang aman.

Kita juga bisa mengunduh lampiran tersebut secara langsung dengan satu kali klik saja.

7. Berbagi lebih banyak dengan Drive

Dengan fitur ini kita bisa mengirim file hingga 10 Giga Byte melalui email.

8. Tidak perlu refresh

Email baru yang masuk dapat langsung terlihat tanpa kita me-refresh pada gmail. Jadi jika kita sedang membuka akun gmail kita, kemudian ada teman yang mengirimkan email maka pesan tersebut akan masuk ke kita tanpa harus merefresh halaman. Ini seperti pada chatting social media seperti Whatsapp dan lainnya.

9. Fitur Snooze

Kita dapat menunda untuk membaca email yang baru masuk.

10. Dapat menggunakan email lain pada gmail

Gmail mengizinkan user untuk menambahkan email pribadinya ke dalam akun gmail (misalnya email dari hosting seperti misalnya email kami support@wahyukode.com).

Terdapat satu lagi penyedia layanan email yang tidak kalah populer dari email gmail dan juga cukup terkenal sampai saat ini adalah yahoo mail. Disini wahyukode.com akan menjelaskan cara registrasi akun gmail dan juga yahoo mail.
Untuk pembuatan email gmail dan yahoo baik di hp ataupun laptop prosesnya sama saja, karena disini kami menggunakan browser chrome dimana aplikasi ini tersedia untuk kedua device tersebut.

Cara Membuat Email Yahoo

Langkah untuk membuat email di yahoo lewat hp (browser google chrom) :

Buka mail.yahoo.com, akan muncul tampilan seperti ini.



Lalu pilih “Daftar” untuk memulai proses membuat akun yahoo mail.
Selanjutnya isi data pada formulir pendaftaran yang tertera seperti dibawah ini sesuai data sobat dengan benar.


Setelah semua data terisi, silahkan pilih “Lanjutkan“.
Jika data telah terisi, maka akan terdapat tampilan seperti ini. 


Kemudian isi kode verifikasi yang dikirim google, umumnya terdiri dari 6 angka acak lalu klik verifikasi.


Setelah anda mengirimkan kode verifikasi diatas, selamat akun email yahoo anda telah berhasil dibuat.



Klik lanjutkan untuk mulai mengakses akun email tersebut.
Cara Membuat Email Gmail
Masukkan alamat gmail.com.
Klik “Buat Akun“.
Kemudian isi data secara lengkap pada tampilan berikut ini.


Setelah semua data terisi, silahkan pilih “Langkah berikutnya“.
Kemudian akan muncul kode untuk verifikasi akun gmail, biasanya akan dikirimkan melalui nomor yang telah anda isi. Anda bisa memilih pengiriman kode melalui pesan teks atau panggilan.
Masukkan kode yang telah dikirim dari pihak gmail.

Selamat akun gmail anda telah berhasil dibuat.

Dan selesai sudah cara membuat email di hp dengan yahoo dan gmail, kita bisa menggunakan email untuk keperluan sekolah, bisnis, maupun tujuan lainnya.

(https://wahyukode.com/)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.