Banner

Banner
Pemkab OKU

Pentingnya Kerukunan dan kedamaian FKUB OKU Gelar Seminar Kebangsaan

Pentingnya Kerukunan dan kedamaian FKUB OKU Gelar Seminar KebangsaanBaturajaradio.com -Asisten III Bidang Ekonomi dan Keuangan OKU H Suharmasto SKM Mepid membuka secara resmi seminar kebangsaan ditahun Politik bagi umat Katholik.

Seminar yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten OKU bekerja sama dengan dewan Paroki Gereja ST petrus dan paulus Baturaja di dipusatkan di Aula Gereja Santo Petrus dan Paulus Baturaja, Selasa (12/2/2019).

Seminar yang bertemakan peran serta gereja Katholik dan Pemerintah Daerah salam upaya membangun bangsa dan negara dengan bingkai kebhinekaan yang dihadiri sekitar 200 orang umat Katholik yang ada di Kabupaten OKU.

Ketua DPP gereja ST petrus dan paulus Baturaja Yusuf Sophian dalam sambutannya mengatakan, Katholik Kabupaten mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui badan kesatuan bangsa dan politik Kabupaten OKU yang telah membimbing pihaknya sehingga seminar kebangsaan tersebut dapat terselenggara.

"Seminar ini akan sangat bermakna bagi umat Katholik pada tahun politik saat, karena dapat menumbuhkan kembali nilai nilai kebangsaan, terimakasih juga kami sampaikan kepada FKUB, " jelas Yusuf Sophian.

Dikatakan Yusuf, seminar bertujuan untuk mencerahkan segenap umat Katholik akan pentingnya Kerukunan dan kedamaian serta sikap hormat menghormati antar umat beragama, perbedaan kehidupan sosial, perbedaan pandangan dan pilihan politik.

Selain itu untuk menyelaraskan dan menyatukan persepsi untuk mendukung kepemimpinan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis dan Drs Johan Anuar SH MM, serta siap ikut mengakseskan pemilu damai 2019 untuk mempertahankan Kabupaten OKU yang zero conflict.

Sementara itu asisten III H Suharmasto SKM M. Epid didampingi kaban Kesbangpol OKU Taufiq Zubir SH MM mengapresiasi FKUB Kabupaten OKU dan Umat Katholik yang menyelenggarakan seminar kebangsaan yang bermanfaat banyak dalam rangka memantapkan situasi kondusifitas di daerah memasuki tahun politik yang ditandai dengan tingginya tensi politik nasional maupun lokal.

"Inilah yang kita harapkan semua pihak bersinergi melalui FKUB membangun kebersamaan dan kekeluargaan dalam menyukseskan pesta demokrasi bangsa yang bhineka, rukun dan damai, " ungkap Suharmasto.

Selain itu, pihaknya berharap semua pihak dapat bertanggung jawab dalam menjaga dan mengatualisasikan pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita juga perlu memberikan pemahaman kepada masyarakat disekitar kita akan pentingnya persatuan, kejujuran, toleransi, kesetiakawanan, kerja sama dan tanggung jawab dalam memajukan bangsa Indonesia, " tegas Suharmasto.

Seminar kebangsaan ini dihadiri oleh Forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD), kaban kesbangpol, Camat Baturaja Barat, Pengurus FKUB, serta pengurus dan DPP gereja ST petrus dan paulus Baturaja.

Sedangkan pemateri sebanyak tiga orang yakni, Dr Ir Gribaldi MSi dari Forum FKUB, Romo Guido Suprapto sekretaris Keuskupan Agung Palembang dan Dr Yanto Chandra dari komisi Kerasulan Awam (Kerawam) Keuskupan Agung Palembang. (http://palembang.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.