Banner

Banner
Pemkab OKU

Gegara Ledakan Petasan, KPU Usul Tak Ada Nobar di Lokasi Debat

Gegara Ledakan Petasan, KPU Usul Tak Ada Nobar di Lokasi Debatbaturajaradio.com - Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan ada usulan acara nonton bareng (nobar) di lokasi debat Pilpres 2019 ditiadakan. Hal itu berkaca dari peristiwa ledakan petasan di Senayan saat debat kedua Pilpres 2019. 

"Kita dari KPU mewacanakan, atas masukan dari TKN dan BPN, kami rekomendasikan nobar pada saat yang difasilitasi itu, kami rekomendasikan ditiadakan untuk mengurangi risiko," kata Wahyu Setiawan, di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019). 

Ia menambahkan tiap kubu Jokowi maupun kubu Prabowo juga masih bisa menggelar nobar debat tersendiri. Oleh karenanya KPU masih mempertimbangkan hal tersebut dengan aspek keamanan. 

"Toh kenapa pertimbangan kita begitu. Bukan berarti kami melarang nobar. Tidak ya. Kami hanya meniadakan fasilitas nobar itu. Toh tanpa fasilitasi nobar sama KPU, kelompok-kelompok masyarakat, TKN, BPN dan relawan juga sudah melakukan nobar sendiri-sendiri bahkan sampai lapisan terbawah," ungkap Wahyu. 

Wahyu menambahkan usulan itu akan diputuskan pada rapat selanjutnya apakah tetap diperlukan ada nobar di dekat lokasi debat atau tidak. Sebab di lokasi lain timses antar kubu juga menggelar nobar masing-masing. 

"Tanpa harus difasilitasi pun sebenarnya kelompok-kelompok masyarakat TKN BPN itu sampai ke daerah sudah melakukan nobar itu sehingga apakah masih relevan kami melakukan fasilitasi kegiatan nobar di dekat area debat. Itu tadi soal ini dibahas. Sehingga kami akan mengkaji, masing-masing mengkaji, sehingga pada pertemuan selanjutnya kami sudah putuskan," ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan, petasan meledak di saat debat kedua Pilpres 2019 berlangsung di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Selatan. Ledakan petasan tersebut terekam oleh kamera CCTV dan kini sedang dianalisis rekamannya. 

Ledakan yang sempat menghebohkan penonton debat capres di Parkir Timur Senayan, Minggu (17/2) malam itu membuat sejumlah pendukung paslon dari kubu Jokowi dirawat. Polisi juga sudah memeriksa saksi di lapangan.

Lokasi Parkir Timur Senayan malam itu dipakai untuk nonton bareng (nobar) debat. Petasan meledak sekitar 200 meter dari lokasi nobar.

"CCTV beredar akan dicek kembali oleh Labfor, apakah CCTV itu ada di lokasi. Dari penyidik kita sudah ambil CCTV di GBK," jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya. 

(https://news.detik.com/berita)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.