Banner

Banner
Kapolres OKU

3 Langkah Mudah Memperbaiki Tombol Gadget Yang Macet 100% Berhasil

baturajaradio.com -Kamu termasuk pengguna smartphone yang rajin membersihkan smartphone milikmu? Ya, tanpa kita sadari ada banyak sekali kotoran yang menempel pada gadget yang kita miliki. Mulai dari debu, minyak, dan kotoran lain yang mungkin akan menganggu beberapa bagian komponen atau bahkan menimbulkan kerusakan pada gadget tersebut.

Debu atau kotoran tersebut dapat dengan mudah masuk melalui celah-celah yang ada pada permukaan gadget dan menganggu beberapa fungsi yang ada. Masalah yang paling sering terjadi adalah tombol fisikgadget yang sulit untuk ditekan, akibat adanya kotoran yang masuk melalui celah kecil.
3 Langkah Mudah Memperbaiki Tombol Gadget Yang Macet 100% Berhasil

Banyak masalah gadget yang timbul hanya karena hal sepele, misalnya kamu malas membersihkangadget kamu. Jika permasalahan tersebut muncul di kemudian hari, maka kamu tidak perlu khawatir dan terburu-buru membawanya ke tukang servis kok.

Ada beberapa cara sederhana untuk menyelesaikan masalah gadget kamu dan membersihkan debu atau kotoran tersebut. Khususnya, debu yang menempel di tombol fisik yang ada pada gadget yang kita miliki. Mau tahu caranya? Yuk, simak selengkapnya pembahasan Jaka.

Sebelumnya, kamu perlu bahan-bahan berikut ini:
Alkohol
Cotton Bad
Canned Air Duster

Setelah bahan-bahan lengkap, lakukan langkah-langkah di bawah ini ya.

Langkah 1: Bersihkan Kotoran di Sekitar Sisi Tombol



Pertama-tama, matikan gadget terlebih dahulu, dan kalau memungkinkan, cabut baterainya juga. Kemudian ambil cotton bud dan masukkan salah satu ujungnya ke cairan alkohol, jangan terlalu banyak mencelupkan ke cairan alkohol.

Bersihkan sisi bagian tombol dengan menggunakan cotton bud, biasanya banyak debu yang melekat di permukaan tombol. Serat-serat pada cotton bud dapat menghilangkan debu yang melekat pada sisi-sisi tombolnya.

Lebih amannya, cara di atas dapat dilakukan dengan posisi gawai dibalik sehingga mencegah cairan alkohol merembes ke dalam gadget milikmu.

Langkah 2: Bersihkan Bagian Frame Atau Bingkai



Sekarang kita asumsikan jika tombol pada gagdet telah bersih. Selanjutnya kita akan membersihkan bagian frame atau bagian yang berada pada sisi tombol. Cara membersihkannya juga sama, menggunakan cotton bud yang telah dicelupkan ke alkohol, kemudian tekan terus pada bagian tombol dan bersihkan seluruh permukannya.

Langkah 3: Hilangkan Debu yang Tersisa Menggunakan Canned Air



Setelah melakukan pembersihan pada bagian tombol dan frame, langkah selanjutnya adalah dengan meniup debu-debu menempel yang tersisa menggunakan canned air. Alat tersebut akan memberikan tiupan udara yang cukup kencang dan mampu membuat kotoran yang membandel jadi hilang tak bersisa. Namun, yang perlu diperhatikan, usahakan kotoran tersebut jangan sampai masuk ke dalam perangkat saat meniupnya.

Pada langkah terakhir seharusnya tombol fisik gadget yang macet telah mampu berfungsi normalkembali. Lakukan cara pertama hingga selesai dengan berulang-ulang untuk 

membersihkan semua kotoran dan debu.

(http://www.techbatavia.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.