Banner

Banner
Pemkab OKU

TUMIS DAUN PEPAYA DAN TERI,

Baturaja Radio - Meski daun & bunga pepaya dikenal dengan rasa pahitnya, dengan resep dan bumbu yang pas akan menjadi masakan yang lezat. Tumis Daun Pepaya Ikan Asin ala Ibu Endang jtt ini hmm.. sangat menggugah selera. Keluarga kami sendiri sangat menyukai masakan daun & bunga pepaya ini dari dulu.
Sekedar info, daun pepaya memiliki banyak kandungan gizi dan berkhasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk membantu mengobati penyakit batu ginjal.
Masakan bunga dan daun pepaya berasal dari daerah Manado, banyak juga ditemui di daerah timur Indonesia, seperti NTT. Perpaduan rasa pahit dari, daun & bunga pepaya ini rupanya telah menggoda orang-orang untuk menjadikannya menu masakan sehari-hari.
Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengurangi rasa pahit dari daun dan bunga pepaya. Orang-orang tua dulu ada yang menggunakan tanah liat (lempung), merebus dengan sendok, dsb.
Remas-remas 150 gr daun dan bunga pepaya dengan garam, lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas. Untuk daun pepaya, lihat sampai getahnya berkurang.Rebus daun dan bunga pepaya. Masukkan 6 lembar daun jambu. Daun jambu berfungsi untuk menyerap rasa pahit dari bunga pepaya. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi rasa pahit.
Gimana....apa masih ragu buat numis daun pepaya karna rasa pahitnya....^_^

Bahan-bahan

  1. 2 ikat pucuk daun pepaya dan bunganya
  2. 1 bks ikan teri rebus
  3. 2 sdm minyak untuk menumis
  4. 5 siung bawang merah
  5. 4 siung bawang putih
  6. 4 buah cabai merah keriting
  7. 3 buah rawit merah
  8. 1 buah tomat
  9. 2 cm jahe di geprek
  10. 3 cm lengkuas digeprek
  11. 3 lembar daun salam
  12. 1 sdm saus tiram
  13. 1 1/2 sdm gula merah disisir halus
  14. 1 sdm air asam jawa
  15. 2 sdm kecap manis
  16. 2 sdt garam
  17. 200 ml air panas
  18. Langkah


    1. Semua bahan di iris halus. Siapkan panci rebus daun pepaya dan bunga pepaya tambahkan garam rebus hingga empuk. Tes dgn di pijit ujungnya, kl masih keras lajutkan merebusnya. Setelah empuk tiriskan, peras hingga airnya habis, lalu iris kecil2. Cuci bersih dng air mengalir agar pahitnya hilang.
    2. Goreng kering ikan teri, angkat sisihkan. Tumis semua bumbu (bawang merah, bawang putih, jahe, tomat, cabai merah, rawit, lengkuas, dan salam) hingga harum. Masukkan daun pepaya, beri garam, gula merah, saus tiram, kecap, dan teri goreng aduk2, lalu beri air asam dan tambahkan air panas, masak hingga air menyusut.
    3. Dijamin langsung cinta deh....(cookpad.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.