Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Pemerintah tambah impor jagung 30 ribu ton, cegah lonjakan harga

baturajaradio.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution mengatakan izin impor jagung tambahan sebesar 30 ribu ton pada Februari 2019 untuk menjaga pasokan dan mencegah melambungnya harga komoditas tersebut.

Ditemui di kantornya di Jakarta, Rabu, ia mengatakan masa panen jagung baru berlangsung pada Maret dan April 2019. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan menerbitkan izin impor untuk menjaga ketersediaan jagung pada awal tahun ini.

"Masih ada kekosongan dan harga belum turun sehingga (peternak ayam) petelor masih kesulitan," kata Darmin.

Dalam kebijakan pengendalian harga pangan, jagung menjadi salah satu perhatian serius pemerintah. Sebab, kenaikan harga jagung bisa turut berdampak pada kenaikan harga pakan ternak dan berimbas pada kenaikan harga komoditas lainnya.

Menurut Kementerian Pertanian, saat ini harga jagung di tingkat petani masih berkisar Rp5.800 per kilogram.

Pada Desember 2018, pemerintah sudah membuka impor jagung sebanyak 100 ribu ton dan menugaskannya kepada Perum Bulog. Hingga akhir Desember 2018, impor jagung yang dilakukan baru mencakup 70 ribu ton, sisanya sebanyak 30 ribu ton baru masuk pada minggu ketiga Januari 2019.

Melalui penambahan impor jagung pada pertengahan Februari 2019, maka jumlah impor jagung keseluruhan mencapai 130 ribu ton.

Izin impor jagung tambahan ini diputuskan pada 2 Januari 2019 dalam rapat koodinasi terbatas di Kemenko Perekonomian.

Impor jagung tambahan ini juga ditujukan untuk menambah stok pakan ternak untuk ayam ras yang sempat dikeluhkan para peternak kecil karena terlalu mahal dan distribusinya terbatas.

https://www.antaranews.com/berita/785318/pemerintah-tambah-impor-jagung-30-ribu-ton-cegah-lonjakan-harga

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.