Banner

Banner
Pemkab OKU

PMI OKU Siapkan Pos Mobile Buat Sedot Darah

baturajaradio.com -Kebutuhan kantong darah di daerah kerap mengalami peningkatan. Untuk tetap menyiapkan kebutuhan darah ini, UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Ogan Komering Ulu (OKU), menyiapkan pos mobile untuk menjaring pendonor darah sukarela.

"Jadi, kegiatan pengumpulan darah bisa secara mobile," ucap Sekretaris PMI OKU, Yunizir Djakfar SIP MSI.

Pos mobile, sebutnya, dibuka di area publik seperti taman kota. Sehingga siapa saja, bisa mendonorkan darah. 

Disebut pria yang juga bekerja sebagai tenaga pengajar di Unbara tersebut, UTDC juga siap support jika ada instansi yang mau melaksanakan kegiatan donor darah massal.

Kebutuhan darah di OKU sendiri, setiap tahun kerap naik. Dalam satu bulan kebutuhan darah ini bisa mencapai 500-700 kantong darah. Untuk mencukupi kebutuhan darah biasanya terbatas. Terlebih rumah sakit di Baturaja menjadi rumah sakit rujukan. Sehingga banyak pasien dari daerah lain yang datang berobat, seperti dari Kabupaten OKU Timur.

Biasanya kebutuhan ini terbantu adanya kegiatan donor darah massal yang dilaksanakan perusahaan. Juga terbantu, dari peserta donor sukarela. Tapi jumlahnya masih terbatas. Jumlah relawan yang biasa rutin mendonorkan darah ini ada sekitar 200-300 orang. "UTDC ini tempat keluarga pasien mengambil darah," ujarnya.

Jadi tidak pilah pilih orang. Hanya saja, kadang darah yang dibutuhkan tidak mencukupi. Ini perlu ada relawan yang mendonorkan darah.

Kebutuhan ini biasanya terbantu dengan sumbangan dari relawan keluarga yang menyumbangkan darahnya. PMI OKU sebutnya juga terus melakukan pembinaan kepada pendonor darah pemula. Karena untuk menyumbangkan darah ini usia paling tidak minimal sudah 17 tahun. Dari kegiatan HUT sekolah biasanya ada donor darah massal baik dari alumni dan pelajar (http://www.rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.