Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat, dari Noda Kehitaman Sampai Bopeng


Image result for Gambar cara orang menghilangkan jerawatbaturajaradio.com - Masalah baru yang muncul setelah jerawat sembuh yakni bekas jerawat. Bekas jerawat ada beberapa jenis. Cara menghilangkan bekas jerawat pun bisa berbeda-beda.



Bekas jerawat bisa berupa noda berwarna kemerahan, noda berwarna kecokelatan/hitam yang biasa disebut hiperpigmentasi dan ada juga bekas jerawat membentuk jaringan parut atau acne scars.

Bekas jerawat yang membentuk lubang atau jaringan parut sulit menghilang dan tidak bisa diatasi hanya dengan perawatan topikal. Seperti dikutip dari detikhealth, bekas jerawat yang berlubang terjadi ketika kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka atau jaringan parut. Jaringan inilah yang menarik lapisan atas kulit sehingga menimbulkan cekungan seperti berlubang.



Cara menghilangkan bekas jerawat berlubang biasanya dapat diatasi menggunakan perawatan laser atau yang sedang marak, Vampire Treatment dengan metode PRP (Platelet Rich Plasma). Metode menghilangkan bekas jerawat ini menggunakan darah pasien sendiri yang dijadikan sebagai stem cell serum untuk membantu regenerasi kulit sekaligus menghaluskan permukaan kulit.

Sedangkan bekas jerawat yang berupa noda hitam atau kemerahan, cara menghilangkannya dengan produk-produk yang ada di pasaran. Berikut ini tiga cara menghilangkan bekas jerawat, seperti dikutip dari Healthline.com :

1. Gunakan Tabir Surya

Sebelum melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan terlebih dulu tidak lupa memakai tabir surya saat keluar rumah. Jika tidak menggunakan tabir surya kulit akan terpapar radiasi sinar matahari. Hal ini akan memperparah bekas jerawat. Oleh sebab itu, jangan lupa mengaplikasikan tabir surya sebelum keluar rumah dan gunakan lagi setiap tiga jam. Pilih tabir surya dengan minimal 30 SPF dan PA +++ untuk perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB.



2. Gunakan Produk Pencerah Kulit

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya adalah dengan menggunakan produk pencerah kulit. Salah satu kandungan yang dapat mencerahkan kulit adalah vitamin C. Melansir dari laman Skincare.org, vitamin C mengandung antioksidan yang dapat menetralisir kulit dari radikal bebas agar tidak merusak kulit. Sifat asam dalam vitamin C juga membantu membersihkan kulit dan menghilangkan infeksi yang disebabkan mikroorganisme.

3. Lakukan Eksfoliasi

Menghilangkan bekas jerawat juga dapat dilakukan dengan eksfoliasi. Eksfoliasi atau pengelupasan kulit dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan chemical peeling dan mechanical peeling. Chemical peeling biasanya menggunakan produk dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) atau BHA yang membantu mengelupaskan sel kulit mati dan dapat menghilangkan noda bekas jerawat. Jika kulit kamu rentan berjerawat dan sensitif, sebaiknya pilih produk chemical peeling yang tidak terlalu abrasif. 

Sementara itu, mechanical peeling adalah cara menghilangkan bekas jerawat dengan pengelupasan secara fisik, menggunakan scrub. Biasanya scrub berbentuk krim dengan butiran-butiran kasar yang fungsinya mengelupaskan sel kulit mati di lapisan atas.


(https://wolipop.detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.