Banner

Banner
Pemkab OKU

Cepat Tanggap Bencana, BPBD OKUT Latih Semua Pegawai Gunakan Alat Tanggap Darurat

Cepat Tanggap Bencana, BPBD OKUT Latih Semua Pegawai Gunakan Alat Tanggap Daruratbaturajaradio.com - Seluruh pegawai BPBD OKU Timur diberi pelatihan tentang kesigapan dalam mengoperasionalkan peralatan penanganan tanggap darurat.

Untuk ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU Timur melakukan pelatihan tanggap darurat penanggulangan bencana.

Pelatihan yang digelar secara rutin tersebut melibatkan seluruh pegawai BPBD OKU Timur dengan harapan ketika terjadi bencana alam, semua pegawai sudah mengetahui tupoksi dan tugasnya masing-masing.

Pelatihan tersebut dilakukan mengingat secara geografis Kabupaten OKU Timur merupakan daerah rawan bencana seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor.

"Kita menggelar pelatihan dengan mengoperasikan perahu karet serta berbagai kemampuan lain yang dimiliki petugas sehingga selalu tanggap bencana," ungkap Kepala BPBD OKU Timur Habibullah Sip dikonfirmasi Senin (5/11/2018).

Menurut Habib, pelatihan tersebut dilakukan untuk memberikan panduan tentang tugas dan fungsi tim kura-kura ninja terutama dalam penanggulangan bencana secara terarah, terpadu, cepat dan tepat apabila terjadi bencana. Seperti banjir, kebakaran hutan dan lahan serta tanah longsor.

"Saya berharap tim kura-kura ninja bisa berperan aktif sebagai garda terdepan dalam menanggulangi setiap bencana dan membantu masyarakat dalam penanggulangannya. Peserta pelatihan ini agar berikan pemahaman terhadap relevansi program penanggulangan bencana dalam melakukan pembinaan, pengendalian dan pelaksanaan khususnya penanggulangan bencana di wilayah OKU Timur," jelasnya.


Dikatakan Habib, pelatihan tersebut diikuti oleh sedikitnya 150 orang peserta yang sebelum melakukan pelatihan dilapangkan, diberikan materi terlebih dahulu.


(http://palembang.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.