Banner

Banner
Pemkab OKU

MPR Komitmen Jaga Hutan Tropis Indonesia

Peluncuran Prakarsa Lintas Agama Untuk Perlindungan Hutan Tropis Indonesia.baturajaradio.com -Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan hadir dalam peluncuran Prakarsa Lintas Agama Untuk Perlindungan Hutan Tropis Indonesia, di Peace Park, Kompleks Gedung MPR pada Jumat (26/10). Kedatangannya dalam rangka menunjukan komitmen MPR untuk menjaga kelestarian hutan tropis di Indonesia.

Zulkifli mengungkapkan hutan tropis di Indonesia ialah kekayaan bangsa yang wajib dijaga kelestariannya. Hutan berfungsi utama sebagai penyeimbang alam dan ekosistem. Namun upaya pelestarian hutan perlu dukungan semua pihak. Hal itu juga bermanfaat untuk mencegah kepuhanan beragam flora dan fauna di sana.


Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat peluncuran Prakarsa Lintas Agama Untuk Perlindungan Hutan Tropis Indonesia.

MPR RI dan kita semua elemen bangsa Indonesia mendukung pelestarian hutan serta perlindungan hutan sebab perannya yang sangat luar biasa tersebut. Kami MPR memberikan apresiasi tinggi dan mendukung penuh upaya-upaya elemen masyarakat dalam pelestarian dan perlindungan hutan tropis Indonesia,” katanya dalam sambutan di acara tersebut.

Mantan Menteri Kehutanan itu menilai usaha pelestarian hutan perlu melibatkan semua pihak, termasuk pemuka agama. Keikutsertaan sejumlah pemuka agama menjadi simbol persatuan bangsa.

“Bersatunya berbagai macam agama di Indonesia dalam satu misi pelestarian hutan Indonesia adalah potret implementasi Pancasila dan kebhinnekaan Indonesia yang melupakan perbedaan demi satu tujuan yang mulia,” ujarnya.

Diketahui, peluncuran Prakarsa Lintas Agama Untuk Perlindungan Hutan Tropis Di Indonesia adalah acara pembacaan deklarasi bersama ‘Kolaborasi Lintas Agama Mendukung Pelestarian Hutan Tropis Indonesia’ dan acara penanaman secara simbolik bibit-bibit pohon khas Indonesia di area Peace Park.

Peluncuran Prakarsa Lintas Agama Untuk Perlindungan Hutan Tropis Di Indonesia sendiri adalah kerja sama MPR RI, Kementerian Lingkungan Hidup RI, Center for Dialogue and Cooperation among Civilizations (CDCC) dan Indonesia Bergerak Selamatkan Bumi (Siaga Bumi).

Selain dihadiri Ketua MPR RI, juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam, Tokoh Muhammadiyah dan Ketua Inter-Religious Council (IRC) Indonesia Din Syamsuddin, perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (Matakin), Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Aman) serta para mahasiswa dan masyarakat umum lintas agama se Jabodetabek juga perwakilan negara sahabat.(https://republika.co.id)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.