Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Kuntungan Manis Menanam Semangka di OKU Timur, Ini Cara Hitung Modal, Luas Lahan, dan Hasil Panen

Kuntungan Manis Menanam Semangka di OKU Timur, Ini Cara Hitung Modal, Luas Lahan, dan Hasil Panenbaturajaradio.com -Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dan memuaskan, petani harus mulai berfikir modern dan menggunakan peralatan modern.

Demikian diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD dikonfirmasi Minggu (7/10/2018).

Kholid mencontohkan pertanian semangka yang ada di Desa Sukoharjo, Kecamatan Buay Madang Timur dengan luas sekitar 15 Hektare (Ha) dengan berbagai macam jenis semangka mulai dari yang berbiji, non biji, hingga semangka Inul.

Saat ini kata dia, petani mulai berfikir modern sehingga buah yang dihasilkan lebih maksimal.

Dia juga mengaku selalu mengajak petani untuk berfikir modern agar menghasilkan hasil panen yang maksimal.

Seperti untuk menanam semangka, modal yang diperlukan dari pengolahan tanah sampai panen sebesar Rp 24 Juta.

Sedangkan Hasil panen normal perhektar 24 sampai 25 ton. Harga semangka ditingkat petani Rp 700 per kilogram jika dikalikan 25 ton menghasilkan uang kurang lebih Rp 65 juta.

Setelah dikurangi modal petani masih untung Rp 32 juta.

"Cukup menggiurkan karena keuntungan yang diraih petani cukup tinggi, namun tentunya petani harus serius mengelolanya," jelasnya.

Menurut Kholid, Kabuaten OKU Timur merupakan daerah pertanian dan perkebunan.

Hal itulah yang memicu dirinya selalu mengajak masyarakat untuk bertani karena hasil pertanian dan perkebunan bisa menghasilkan keuntungan dan meningkatkan perekonimian masyarakat.

Pemerintah kedepan kata dia, akan berupaya mencari solusi yang tepat dalam memajukan bidang pertanian dan perkebunan di OKU Timur mengingat potensi pertanian dan perkebunan cukup tinggi terlebih didukung dengan lahan yang luas dan subur. (http://sumsel.tribunnews.com)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.