Banner

Banner
Pemkab OKU

OKU Terima Bantuan 1.000 Unit Listrik Tenaga Surya, Bupati Kuryana Aziz Pesan Jangan Disalahgunakan

OKU Terima Bantuan 1.000 Unit Listrik Tenaga Surya, Bupati Kuryana Aziz Pesan Jangan Disalahgunakanbaturajaradio.com -Rumah tangga yang belum dialiri jaringan listrik bakal terbantu dengan adanya bantuan solar home system (SHS) dari pemerintah pusat.
Bantuan dalam program Desa Terang tersebut diserahkan secara simbolis melalui Kementerian Koperasi dan PMK di Desa Krawang Sari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan, belum lama ini.

Kadishub OKU Aminilson didampingi Kabid Jalan dan Angkutan Dinas Perhubungan Safrin menjelaskan, kabar terbaru diperoleh Kabupaten OKU akan mendapat tambahan dari semula 500 unit bisa mencapai lebih 1000 unit.

Bantuan itu ada dua yakni penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS), dan solar home system (SHS).
Khusus untuk SHS diperuntukan untuk penerangan rumah tangga yang belum ada jaringan kelistrikan.
Dinas Perhubungan OKU sebutnya, sudah melakukan pendataan dan minta usulan dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten OKU.

Kadishub OKU Aminilson mengatakan, ada hampir 1000 usulan yang sudah masuk dari bawah, mulai dari RT dan desa melalui 13 kecamatan.
Usulan sudah disampaikan kepada Kemenko PMK. Usulan juga masuk termasuk dari desa yang ada di Kecamatan Baturaja Timur.

Pasalnya, untuk daerah pinggiran ada juga rumah yang belum masuk jaringan listrik.
Bupati OKU, H Kuryana Azis sendiri sangat mengapresiasi adanya bantuan listrik tenaga surya yang diberikan secara gratis itu.

Disebutnya, listrik yang akan digunakan tersebut bukan merupakan jaringan listrik PLN.
Melainkan aliran listrik menggunakan tenaga surya. Jadi diharapkan benar-benar bisa membantu masyarakat dan bisa sesuai dengan sasaran.

Dia berharap tenaga listrik energi surya jangan sampai malah digunakan oknum tertentu yang tidak layak menerima bantuan. Listrik tenaga surya ini, sebutnya, bisa dipasang di desa-desa atau talang yang belum dialiri listrik.(http://sumsel.tribunnews.com)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.