Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Manfaat bagi Kesehatan Gambas (Oyong) Bagi Kesehatan

Baturaja Radio.Com - Gambas (lufffia acutangula) adalah tumbuhan yang merupakan anggota keluarga Cucurbitaceae. Sebagian besar penduduk Indonesia pasti mengenal dan pernah mengonsumsi gambas atau oyong ini dikarenakan ada banyak tersedia di pasar atau warung-warung sayur. Namun tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat gambas yang baik bagi kesehatan tubuh? Sebelum kita mengetahui nutrisi dan manfaat gambas, sebaiknya kita mengenal buah yang satu ini.  Gambas juga dikenal sebagai Sponge Gourd, Labu Dish-Cloth, Bath Sponge, Towel Gourd, labirin dishrag, Rag Gourd, Sponge Sayuran, Sponge Wash-Rag, Smooth Luffa,  dan Scrubber Labu. Gambas tumbuh subur di daerah yang beriklim tropis dan subtopis. Tanaman ini tumbuh merambat seperti mentimun. Buah ini berbentuk panjang dengan tonjolan pada bagian permukaan kulitnya dan berwarna hijau, sedangkan daging buahnya berwana putih. Gambas memiliki rasa yang hampir mirip dengan buah Zucchinis.


Sumber: 


Kandungan Nutrisi dalam Gambas Gambas mengandung berbagai vitamin, mineral, anti-oksidan, nutrisi, dan lipid. Oleh karena itu manfaat gambas sangat banyak bagi kesehatan tubuh anda. Dalam 178 gram gambas terkandung nutrisi dan gizi sebagai berikut:
Manfaat Gambas bagi Kesehatan Semua bagian dari buah gambas adalah obat. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui manfaat oyong bagi kesehatan tubuh anda. Berikut adalah beberapa mafaat gambas bagi kesehatan tubuh. 
1. Mencegah Penyakit Mata Manfaat gambas yang pertama bagi kesehatan adalah dapat mencegah penyakit mata. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan vitmin A yang ada di dalam gambas. Vitamin A mencegah dari degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan. Penelitian yang dilakukan oleh National Eye Institute menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin A, vitamin E, vitamin C, tembaga dan seng memiliki penurunan risiko sebesar 25% dari degenerasi makula selama enam tahun.

 2. Bermanfaat bagi Jantung Manfaat gambas untuk kesehatan jantung dapat diperoleh dari vitamin B5 yang terkandung di dalamnya. Perlu anda ingat bahwa mengonsumsi 900 mg vitamin B5 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan trigliserida, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, 900 mg merupakan dosis yang tinggi, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir dalam mengonsumsi gambas karena kandungan vitamin B5 hanya sebesar 0,829 mg dalam 100 gram. Jadi, bijaklah dalam mengonsumsinya. 

3. Mencegah Diabetes Manfaat gambas selanjutnya adalah mampu mencegah diabetes. Kandungan Mangan yang terdapat dalam gambas merupakan faktor penting dalam memproduksi enzim pencernaan. Enzim tersebut berguna untuk proses glukoneogenesis dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departemen  of Internal Medicine and Biochemistry bahwa Mangan dapat mempromosikan sekresi insulin, meningkatkan fungsi mitokondria, dan mengurangi peroksidasi lipid.

4. Mencegah Nyeri Otot Selain mencegah diabetes, manfaat oyong juga bisa mencegah nyeri otot. Hal tersebut dikarenakan kandungan kalium yang terdapat pada gambas berguna untuk menstabilkan cairan dan melemaskan otot.  Sedangkan, kekurangan kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot, kejang, dan nyeri. 

5. Mengurangi Artritis Manfaat gambas lainnya adalah mengurangi Artritis. Artritis merupakan peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai dengan rasa sakit, kekakuan, kebengkakan,  dan keterbatasan gerak. Kandungan tembaga pada gambas memberikan anti-inflamasi. hal tersebut berguna untuk meredakan nyeri dan kekakuan yang berhubungan dengan Artritis. Oleh karena itu, orang yang menderita radang sendi menggunakan gelang tembaga karena diyakini tembaga mampu menghilangkan rasa sakit.

6. Membuat Kulit Sehat Gambas juga bermanfaat bagi kesehatan kulit anda. Hal tersebut dikarenakan banyaknya Vitamin C yang terkandung di dalamnya. Vitamin C mampu mencegah keriput, mengurangi kulit kering, dan mencegah penuaan dini. 

7. Membantu Mengobati Anemia Gambas merupakan sumber vitamin B6. Vitamin B6 sangat penting untuk menghasilkan hemoglobin dalam darah yang membantu memobilisasi zat besi dan membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh. Sedangkan, anemia merupakan penyakit yang disebabkan kekurangan sel darah merah. 

8. Menjaga Fungsi Otak Manfaat gambas selanjutnya adalah mampu menjaga fungsi otak. Kandungan zat besi yang terdapat dalam gambas sangat penting bagi kesehatan otak. Tanpa adanya zat besi, maka otak tidak akan menerima oksigen yang cukup sehingga menurunkan produktivitas otak. Hal itu pula yang membuat kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menimbulkan rasa gelisah, lalai, dan lebih mudah tersinggung. 

9. Cepat Menyembuhkan Luka Vitamin C merupakan faktor penting dalam produksi protein untuk membangun otot, kulit, pembuluh darah dan ligamen. Gambas meiliki kandungan Vitamin C sebanyak 10 mg, sehingga dengan mengonsumsi gambas dapat membantu penyembuhan luka dengan cepat. 

10. Mengatasi Migrain Magnesium yang terdapat pada gambas mampu mengatasai sakit kepala sebelah atau migrain. Hal tersebut dikarenakan magnesium berfungsi untuk menyeimbangkan neurotransmitter di dalam sel-sel saraf di otak. Penelitian yang telah dipublikasikan di “Expert Review of Neurotherapeutics” menyatakan bahwa mengonsumsi magnesium sebanyak 300 mg mampu mengurangi sakit kepala akibat migrain. 

11. Diabetes Tipe-2 Manfaat gambas selanjutnya, yaitu mengurangi risiko terjadinya penyakit diabetes tipe-2. Gambas mengandung banyak magnesium yang sangat dibutuhkan untuk metabolisme glukosa. Dengan mengonsumsi magnesium sebanyak 100 mg setiap hari dapat membantu anda dalam mengurangi risiko diabetes tipe-2 sebesar 15%. Itu berarti, apabila anda mengonsumsi 3 buah gambas setiap hari, maka anda akan terhindar dari risiko penyakit diabetes tipe-2. 

12. Menurunkan Berat Badan Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, gambas bisa dijadikan solusi menu diet untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan gambas rendah lemak jenuh, kolestrol, dan kalori sehingga tidak membuat penambahan berat badan konsumennya

13. Meredakan Sembelit Sama seperti jenis sayuran lainnya, manfaat gambas bagi pencernaan juga mampu meredakan sembelit atau susah buang air besar. Hal tersebut dikarenakan gambas mengandung selulosa yang merupakan serat baik dan juga mengandung kadar air yang tinggi. 

14. Mempercepat Proses Penyembuhan Penyakit Kuning Dengan mengonsumsi jus gambas, maka dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi, salah satunya virus hepatitis yang menyebabkan penyakit kuning. Namun masih diperlukan data-data ilmiah mengenai khasiat gambas yang satu ini. 

15. Membantu Menghilangkan Jerawat Manfaat oyong yang terakhir adalah mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat di wajah. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C dalam gambas baik untuk kesehatan kulit.(mediskus.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.