Banner

Banner
Pemkab OKU

Wiranto: persiapan Asian Games hampir 100 persen

Wiranto: persiapan Asian Games hampir 100 persenbaturajaradio.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, menyebutkan, persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat hampir mencapai 100 persen.

"Dari hasil rapat yang kita bicarakan bersama Panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Kemenpora, TNI dan Polri, hampir keseluruhan baik dari pengamanan, penyelenggaraan, fasilitas sudah hampir mencapai 100 persen," kata Wiranto saat jumpa pers usai menggelar rapat koordinasi khusus di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis.

Dalam Rakorsus itu, diantaranya hadir Ketua Panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Dewa Broto, dan Kasum TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan.

Ia berharap, pada hari H pelaksanaan Asian Games 2018 berjalan dengan aman dan lancar. 

"Sejumlah kementerian, lembaga, dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Asian Games fokus pada penuntasan hambatan, permasalahan, maupun ancaman yang belum terselesaikan. Jadi, pada hari H semua hal yang mengganggu pelaksanaan Asian Games dapat dinetralisir," kata mantan Panglima ABRI (Panglima TNI) ini. 

Wiranto mengatakan, kesiapan penyelenggaraan Asian Games akan ditinjau dari masalah pengamanan penyelenggaraan, penyajian fasilitas pendukung, time schedule, ticketing, penonton, dan supporter, sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Menurut dia, pada pelaksanaan Asian Games 2018 nanti, Indonesia akan menerima banyak kunjungan dari negara-negara lain. Ada sekitar 45 negara peserta Asian Games, sekitar 17 ribu atlet, dan 7 ribu personel media dalam negeri dan internasional serta wisatawan-wisatawan mancanegara.
"Pemerintah juga akan fokus pada pengamanan daerah wisata di berbagai wilayah Indonesia, mulai tempat hiburannya, transportasi, akomodasi, hingga lokasi wisatanya," tutur purnawirawan Jenderal bintang empat ini. 

Selain itu, Indonesia juga fokus pada penanganan ancaman siber, termasuk ujaran kebencian dan hoaks yang beredar di media sosial.

Pemerintah juga memprioritaskan pengamanan kontingen-kontingen Asian Games 2018 serta para pejabat negara-negara lain yang akan menghadiri kegiatan besar ini.

Menko Polhukam berharap masyarakat mendukung penuh kesuksesan pelaksanaan Asian Games 2018 agar berjalan sesuai yang diharapkan. 

"Saya harapkan teman-teman yang hobinya demo sementara libur dululah, ya. Kita libur dulu, sebulan nggak ada demo lebih bagus ya, nanti dilanjut lagi kalau mau. Kan begitu. Jadi penonton yang sopan, yang baik," kata Wiranto. (www.antaranews.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.