Banner

Banner
Pemkab OKU

Warga OKU Bakal Nikmati Gas Bumi, Namun Sebelum Itu..

baturajaradio.com - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menjadi salah satu daerah yang masuk program pembangunan Jaringan Gas (Jargas) rumah tangga dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2009 mendatang.


Artinya, kedepan masyarakat OKU bisa menggunakan Gas sebagai bahan bakar melalui jaringan pipa rumah tangga.


Hal ini disampaikan Imam Buchari, perwakilan Dirjen Migas Kementerian ESDM saat bertemu dengan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis kemarin.



Kata Imam, tahap awal yang akan dilakukan adalah survei dan sosialisasi jalur kepada masyarakat yang daerahnya akan dilalui jaringan pipa gas. Yaitu di Kecamatan Lubuk batang dan Kecamatan Peninjauan.



Langkah lain yang akan dilakukan adalah pembuatan Detail Engineering Design (DED), penganggaran dan pekerjaan atau pembangunan kontruksi.



"Untuk survei dan sosialisasi direncanakan dilaksanakan pada September nanti," kata Imam.



Mengenai sumber gas yang akan digunakan pada program Jargas di Kabupaten OKU ada dua titik sumur gas, yakni di kecamatan Peninjauan dan Lubuk Batang. Namun untuk sumur gas yang akan dipilih dalam program Jargas ini belum bisa dipastikan.



"Jarak terpendek dalam pipanisasi yang akan dipilih dari dua sumber gas di dua Kecamatan tersebut," katanya.



Kenapa OKU masuk program pemasangan Jargas dari Kementerian ESDM, Imam menjelaskan ada dua hal. Pertama Karena OKU sebagai salah satu daerah penghasil gas dan kedua ada usulan dari pemerintah Kabupaten OKU terkait rencana program pemasangan Jargas untuk masyarakat.



"Untuk tahap awal, kuota jaringan gas untuk Kabupaten OKU sebanyak 5000 pelanggan," bebernya.



Bupati OKU Drs H kuryana Azis menyambut baik rencana Dirjen Kementerian ESDM terkait rencana survei program jaringan gas.



Dengan survei ini, menurut Kuryana, maka keinginan masyarakat untuk menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar rumah tangga bisa segera terwujud. [sri] 

(http://www.rmolsumsel.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.