Banner

Banner
Pemkab OKU

Tahun depan desa pengaringan akan miliki dua BUMDes

Baturajaradio.com - Tahun depan desa pengaringan akan miliki BUNDes berupa ternak ayam merah, dengan target produksi ternak telor. Untuk ternak ayam nanti, akan dimulai dengan bibit ayam 100 ekor yang akan di beli dari belitang. 

Sedangkan lokasi yang akan di buat adalah tanah yang dimiliki desa. Persiapan untuk pelaksaan BUMDes ini, akan di datangkan pelatih untuk membentuk pelatihan, mulai dari pemeliharaan pengelolaan hingga pemasaran. Hal ini di ungkapkan langsung oleh kepala desa Pengaringan, Irwadi. Alasan irwadi membuat bumdes ternak ayam ini adalah pemasaran telor lebih cepat, pemeliharaan lebih mudah, serta konsumsi telor lebih tinggi dibanding yang lain. 

Yang kedua desa Pengaringan akan membuat usaha Galian pasir, mengingat di desa pengaringan terdapat lahan yang memiliki kualitas pasir yang baik. Pengolahan pasir ini nanti akan dilakukan dengan mesin penyedot pasir, sementara ini akan disediakan satu penyedot pasir satu unit, jika memadai maka mesin akan ditambah. Diharapkan dengan adanya galian C jenis pasir ini akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan bahan bangunan jenis pasir. Lahan pasir yang akan di ambil pasir adalah sepanjang jalur air nanglas, merupakan aliran air kecil yang terdapat di desa tersebut. 

Saat ini kedua BUMDes tersebut masih dalam tahap perancangan, mulai dari pengurus bumdes telah dibentuk dan di sahkan. Pelaksanaan ternak akan dimulai pada tahun 2019. Baru setahun menjabat, irwadi menyebut saat ini pembangunan yang telah dilaksanakan yaitu pembangunan gapura, jalan lingksr desa sepanjang 300 meter, drainase berupa parit pasang sepanjang 251 meter telah selesai di bangun, saat ini pembangunan yang masih dilaksanakan, pembangunan balai desa dengan ukuran 20x9m2. Lapangan olahraga berupa lapangan volly sedang dalam pengerjaan. (redo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.