Pasang Iklan Berbayar Disini

Pasang Iklan Berbayar Disini

Moderenisasi Pertanian, Ini yang Disalurkan Distan OKU

baturajaradio.com - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) secara bertahap melakukan perubahan sistem pertanian dari tradisional menjadi modern. Salah satu diantaranya dengan memberikan perhatian kepada petani, termasuk menyalurkan bantuan mesin pertanian.

Kepala Distan Kabupaten OKU Ir Joni Saihu menjelaskan, tahun ini pihaknya telah membagikan 19 unit hand traktor bantuan dari pusat kepada kelompok tani atau Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) di wilayah tersebut.

Bantuan itu sudah kita salurkan untuk UPJA di sejumlah kecamatan, seperti Kedaton Peninjauan Raya, Peninjauan, Semidang Aji, Lengkiti, Lubuk Batang, Ulu Ogan, Sosoh Buay Rayap, Baturaja Timur dan Baturaja Barat,” kata Joni didampingi Kepala Bagian Umum Kepegawaian H Hendarko.

Selain hand traktor, kata Joni, pihaknya tahun ini juga telah menyalurkan bantuan pompa air sebanyak 15 unit dan traktor mini roda empat sebanyak tiga unit kepada UPJA di OKU.

"Seluruh bantuan itu berasal dari pusat yang disalurkan provinsi ke kita. Alhamdulillah semuanya sudah kita berikan kepada UPJA di daerah ini,” tegasnya.

Dijelaskan Joni, tujuan diberikannya bantuan alat-alat pertanian itu adalah untuk membantu para petani agar mudah mengelola lahan pertanian. Dengan kata lain melakukan modernisasi sistem pertanian.

"Selama ini masih ada yang menggunakan hewan dan tenaga manusia. Kita berharap petani di OKU tidak lagi menggantungkan diri mengelola lahan pertanian dengan menggunakan tenaga hewan dan manusia, sehingga proses tanam bisa dilakukan dengan cepat serta hemat biaya,” katanya.

Selain itu bantuan tersebut juga diberikan dengan harapan kedepan para petani di OKU bisa melakukan moderenisasi, sehingga hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal lagi dibandingkan dengan cara tradisional. 

(http://www.rmolsumsel.com/read/2018/08/15/99114/Moderenisasi-Pertanian,-Ini-yang-Disalurkan-Distan-OKU-)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.